15+ Pilihan Oleh-oleh Khas Banjarmasin Favorit Wisatawan

Banjarmasin dijuluki sebagai kota seribu sungai. Ibukota Kalimantan Selatan yang memiliki sejarah Kerajaan Banjar ini dikelilingi oleh Sungai Barito dan Sungai Mertapura. Aliran sungai tersebut menjadi salah satu pusat perekonomian Banjarmasin. Maka jika kamu pernah mendengar pasar apung, bisa kamu temukan di Kalimantan Selatan. 

Pasar apung adalah salah satu destinasi wisata di Kalimantan Selatan yang telah mengundang banyak wisatawan. Selain itu, masih ada wisata lain di Banjarmasin yang akan melengkapi liburanmu. Namun, wisata tanpa oleh-oleh bagaikan sayur tanpa garam, bukan?.

Berlibur seperti tak pernah lepas dari tradisi oleh - olehnya. Nah, kali ini, jika kamu sedang berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupa membeli oleh-oleh menarik untuk kerabat dan keluarga di rumah. Banyak cinderamata yang bisa menjadi pilihanmu, mulai dari jajanan khas berbahan ikan air tawar hingga aksesoris khas yang jarang ada di tempat lain. 

Berikut daftar oleh - oleh khas Banjarmasin yang menjadi favorit wisatawan :

1. Batik Sasirangan

batik sasirangan
Harga : ± Rp. 80.000 - Rp. 90.000 (kain 2 meter)

Kain batik sudah menjadi ciri khas Nusantara yang mendunia. Motif batik tiap daerah berbeda dengan keunikan masing-masing. Nah, jika wisata ke Banjarmasin, jangan lupa untuk membeli batik Sasirangan guys!. Nama Sasirangan ini diambil dari bahasa Banjarmasin menayiranga yang berarti dijahit atau diikat. 

Jika dulunya hanya digunakan sebagai pengikat seperti ikat kepala, sabuk, kemben, sarung dan selendang, Kini kamu bisa mendapatkan batik sasirangan berupa model busana. Kamu juga masih bisa memilih, ingin membelinya dalam bentuk kain saja, atau yang sudah dibentuk sesuai kebutuhan. Untuk harga, tentu tergantung ukuran kain serta kesulitan pengerjaan.

2. Kopiah Jangang

kopiah jangang

Harga : ± Rp. 30.000 - Rp. 40.000

Meski identik dengan kaum muslim, ternyata kopiah juga tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, seperti Nusa Tenggara hingga Kalimantan. Kopiah jangang ini adalah satu oleh-oleh khas Banjarmasin yang cukup unik karena bahan pembuatnya adalah akar pohon jangang yang banyak tumbuh di Banjarmasin. Kopiah ini tampak istimewa karena dibuat manual tanpa menggunakan alat. Seperti di daerah lainnya, kopiah jangang biasanya digunakan saat acara adat budaya dan beribadah. 

3. Kerajinan Batu Permata

batu permata banjarmasin

Harga : Bervariasi mulai Rp. 15.000 hingga ratusan ribu. 

Cindermata khas Kalimantan ini sangat digemari para wisatawan karena tidak semua tempat di Indonesia memilikinya. Jika ada, tentu coraknya berbeda. Banjarmasin terpaut sekitar 40 km dari Martapura yang dijuluki Kota Intan. Disana bisa ditemukan aneka batu mulia dari harga murah hingga jutaan rupiah. 

Sedangkan di Banjarmasin, kamu bisa menemukan aneka kesenian batu mulia yang cantik untuk aksesoris. Kamu bisa menemukan olahan batu permata seperti gelang, kalung, bross, cincin, tas dan sebagainya yang dibuat dalam bermacam model. 

4. Mandau

mandau

Harga : ± Rp. 150.000 - Rp. 600.000

Mandau adalah senjata suku Dayak yang sudah dibuat sejak zaman dahulu. Kini mandau tidak hanya sebagai senjata saja, tetapi juga digunakan sebagai pajangan di rumah. Ada berbagai ornamen ukiran pada sarung mandau yang cukup estetik. Maka tak heran kalau banyak wisatawan mencari mandau hanya sekedar untuk dekorasi dan koleksi. 

5. Miniatur Rumah Adat

miniatur rumah adat banjarmasin

Harga : Bervariasi tergantung model, mulai Rp. 450.000 hingga Rp. 600.000.

Miniatur rumah adat juga bisa dijadikan pajangan di rumah. Produk kesenian dan kerajinan tangan di Banjarmasin ini menjadi lambang pelestarian budaya Banjarmasin. Miniatur rumah adat dibuat dari kayu agatis yang dipoles sederhana.Uniknya, ada beberapa model miniatur rumah adat suku Banjar yang bisa kamu pilih, seperti joglo gudang, balai kaki, tadah alas, bubungan tinggi, palimbangan, palimasan, gajah manyusu dan cacak burung. 

6. Alat Musik Panting

alat musik panting

Harga : ± Rp. 850.000

Oleh-oleh khas Banjarmasin yang bisa dijadikan koleksi selanjutnya adalah alas musik Panting. Kamu tidak perlu bisa memainkan alat musik petik khas Kalimantan Selatan ini, karena bentuknya yang unik bisa dijadikan sekedar pajangan di rumah. 

Bentuk panting seperti gambus Arab, berukuran lebih kecil dengan ukiran pada bagian kepala dan ukiran khas suku Banjar pada bagian lambung.  Alat musik ini memiliki tiga dawai yang dulu terbuat dari ijuk, serat kulit kayu, dan benang mesin. Kini seperti alat musik petik lainnya, sudah ada yang dibuat dari benang nilon dan kawat. 

7. Dodol Kandangan

dodol kandangan

Harga : ± Rp.10.000

Tidak hanya Garut yang punya dodol, karena Banjarmasin juga punya dodol kandangan. Tak jauh berbeda, dodol kandangan juga dibuat dari tepung beras dan beras ketan. Tekstur kenyal dengan rasa manis yang enak menjadikannya salah satu oleh-oleh favorit kota seribu sungai ini. Apalagi, berbagai varian rasa seperti wijen, kelapa muda dan wajik bisa menjadi pilihan untuk dibawa pulang. 

8. Rabuk Ikan Haruan

rabuk ikan haruan

Harga : ± Rp30.000 - Rp.45.000 tergantung ukuran. 

Dijuluki kota seribu sungai, tidak lengkap kalau kamu tidak membawa pulang buah tangan berbahan ikan. Rabuk ikan haruan adalah sejenis abon yang bisa menjadi pilihan yang praktis untuk oleh-oleh. Ikan haruan menjadi ikan beracun yang banyak ditemukan di Banjarmasin. Namun tenang, dengan pengolahan yang baik, sudah dipastikan abon ini tidak beracun sama sekali dan kini menjadi oleh-oleh yang laris manis. 

9. Ikan Saluang / Saluwang

ikan saluang

Harga : ± Rp. 25.000

Masih berbau ikan, ada lagi ikan Saluang yang bisa menjadi pilihan selanjutnya. Di Jawa, ikan Saluang  dikenal dengan nama ikan wader. Ikan saluang goreng enak dijadikan lauk maupun dijadikan cemilan. Kamu juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh karena ikan saluang sudah tersedia dalam bentuk kemasan, dan pastinya tahan disimpan berhari-hari.

10. Ikan Sepat Kering

ikan sepat kering

Harga : ± Rp. 30.000 - Rp. 65.000 tergantung ukuran. 

Tidak hanya ikan saluang saja, kamu bisa membawa ikan sepat kering untuk oleh-oleh. Tidak berbeda dengan ikan saluang, ikan sepat kering ini bisa dinikmati sebagai lauk atau cemilan. Olahan ikan sepat memang banyak digemari karena harga yang terjangkau dan rasanya yang gurih. Ikan sepat kering dalam kemasan bisa bertahan lebih dari dua minggu, sehingga sangat cocok untuk dibawa pulang. 

11. Sambal Acan

sambal acan

Harga : ± Rp.15.000 - Rp. 20.000

Jika tadi seputar lauk, ini adalah pelengkapnya, yaitu sambal Acan. Bagi penggemar kuliner pedas, kamu wajib mencoba sambal khas Banjarmasin ini guys. Sambal ini terbuat dari campuran mangga muda dan terasi. Kebayang kan bagaimana rasa asam pedasnya menggoyang lidah?. 

12. Amplang Ikan Pipih

amplang

Harga : ± Rp. 25.000

Ingin mencari camilan ikan yang renyah dan enak?, cobalah amplang ikan pipih. Selain amplang, cemikan ini juga dikenal dengan nama kuku macan karena bentuknya yang kecil dan pipih. Seperti namanya, amplang ini dibuat dari ikan pipih (kebanyakan ikan tengiri), tepung dan rempah, menjadikannya cemilan nikmat yang wajib dicoba. Cemilan sejenis kerupuk ini banyak ditemukan di pusat oleh-oleh Banjarmasin dan bisa awet hingga dua minggu dalam kemasan. 

13. Wadai Rangai

wadai ringai

Harga : ± Rp.25.000

Wadai rangai adalah makanan khas Banjarmasin yang dulunya hanya ditemui pada acara adat. Kini, kue berbahan sagu dengan rasa manis dan gurih ini sudah banyak ditemui di toko pusat oleh-oleh. Kamu bisa membelinya dalam kemasan sebagai cemilan untuk keluarga di rumah. 

14. Keripik Pisang Mahuli

pisang mahuli

Harga : ± Rp. 25.000

Tidak hanya Lampung saja yang khas dengan keripik pisangnya, karena Banjarmasin juga punya keripik pisang mahuli. Jika biasanya keripik dibuat dari pisang kepok, keripik ini dibuat dari pisang mahuli yang dikenal dengan rasanya yang lebih manis. Oleh-oleh khas Banjarmasin ini tersedia dalam berbagai pilihan rasa, diantaranya green tea, keju, kopi, pedas, manis dan sebagainya. 

15. Kue Roko / Kue Gapit

kue roko

Harga : ± Rp.30.000

Kue roko atau kue gapit ini memiliki bentuk dan rasa yang hampir sama dengan kue semprong. Manis, gurih, harum dan renyahnya kue roko ini sungguh memanjakan lidah. Cemilan gurih yang satu ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Banjarmasin karena banyak digemari. 

16. Brownies Labu

brownis labu banjarmasin

Harga : ± Rp.35.000

Brownis labu sama dengan bownis yang lain, bedanya kini browsnis labu menjadi jajanan paling digemari di Banjarmasin. Memiliki tekstur lembut dan enak, brownis labu hadir dalam varian rasa muali dari brownies labu berry, labu chocolate chips dan sebagianya. Jika sedang di Banjarmasin, kamu wajib menyempatkan diri menikmati lembutnya brownies labu ini guys!

16. Kerajinan Tangan

kerajinan tangan banjarmasin

Kamu juga bisa menemukan aneka kerajinan tangan di Banjarmasin khas Kalimantan Selatan yang bisa dibawa pulang untuk oleh-oleh. Ada lampit rotan khan Banjarmasin, yaitu tikar buatan tangan dengan motif etnik dan unik yang biasa digunakan dalam pembuatan karpet, tas, dan sebagainya. Ada juga tas rotan bermotif dayak, ukiran kayu dan souvenir yang sudah umum, yaitu kaos dari Banjar. Kamu bisa membelinya di pusat oleh-oleh Banjarmasin untuk pilihan yang lebih beragam. 

Itu adalah beberapa pilihan oleh-oleh khas Banjarmasin yang  bisa menjadi pertimbangan kamu saat berwisata ke kota seribu sungai tersebut. Setiap produk yang ada banyak diminati para wisatawan mulai souvenir hingga mkanan ringan. Tentu kamu tidak ingin pulang dengan tangan kosong dari ibukota Kalimantan Selatan ini, bukan?. Semoga artikel Oleh-oleh Khas Banjarmasin bermanfaat!.