30+ Tempat Wisata Keren di Kalimantan Selatan Paling Favorit

Kalimantan Selatan memiliki banyak daya tarik yang tidak boleh dilewatkan. Jalan-jalan ke Kalimantan Selatan, ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, mulai wisata alam hingga wisata kota. Kamu hampir bisa menemukan wisata apapun di Kalimantan Selatan. 

Air terjun, pantai, datarang tinggi, hingga wisata edukasi yang akan melengkapi liburanmu tersedia di Kalimantan Selatan. Menariknya, kamu bisa menikmati itu semua dengan harga yang relatif murah. Nantinya, kamu juga akan membawa pulang foto-foto ikonik dari perjalanan yang menyenangkan. 

Nah, berikut beberapa destinasi wisata di Kalimantan Selatan yang wajib untuk dikunjungi dan pastinya instagramable!

1. Teluk Tamiyang

destinasi wisata kalimantan selatan
Lokasi : Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar, Kabupaten Kotabaru. 
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : Rp. 10.000

Bagi yang suka wisata alam, Teluk Tamiang adalah destinasi wajib yang harus dikunjungi. Wisata di Kalimantan Selatan ini memiliki pesona alam indah berupa pantai yang memiliki pasir putih bersih dan air laut yang bening. Meski perlu perjuangan panjang dan melelahkan, keindahannya akan membayar semuanya. 

Fasilitas di area pantai sudah cukup memadai. Sudah ada kamar mandi, warung makan hingga perahu yang bisa disewa untuk mengelilingi pantai. Jika ingin lebih puas, kamu juga bisa ke savana yang ada di kiri pantai sembari menyaksikan panorama alam yang memukau. 

2. Pantai Batakan Baru


Lokasi : Batakan, Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut.
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : Rp. 5.000

Wisata baru di Kalimantan Selatan ini mampu menarik minat para wisawatan. Area pantai yang luas membuat tempat wisata ini tidak pernah sepi. Entah itu pengunjung yang sekedar menikmati panorama pantai maupun yang camping di pesisir pantainya. Apalagi, fasilitas penunjang pariwisata sudah gencar dikembangkan. Tentu Pantai Batakan akan menjadi destinasi favorit yang layak untuk dikunjungi. 

3. Danau Biru Pengaron (Parta / Paring Tali)

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Sungai Raya, Simpang Empat, Banjar.
Buka / Tutup : -
HTM : Rp. 10.000

Sesuai namanya danau ini memang terlihat biru akibat biasan sinar matahari. Meski tidak luas, pemandangan yang disuguhkan mampu membius siapa saja. Danau ini dikelilingi tebing-tebing dengan jejeran pohon-pohon lebat di sekitarnya. Meski bekas tambang, banyak jenis ikan yang hidup di danau ini, menandakan bahwa airnya bersih dan jauh dari pencemaran limbah. Namun, jangan coba-coba berenang disana karena dilarang oleh pihak pengelola. 

4. Goa Liang Tapah

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Garagata, Jaro, Kabupaten Tabalong.
Buka / Tutup : 08.30 - 17.00
HTM : Rp.10.000 - Rp.15.000.

Goa Liang Tapah adalah salah satu tempat wisata di Kalimantan Selatan yang cukup menarik dan banyak diminati wisatawan. Gua ini memiliki stalakmit dan stalaktit yang indah beraneka bentuk. Selain itu ada aliran sungai yang mengalir dari dalam goa, sehingga kamu bisa berenang di kolma yang ada di mulut goa. Konon, disini terdapat ikan tapah gaib yang muncul di malam hari dengan mata yang dapat memancarkan cahaya lho!

5. Goa Batu Hapu

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Batu Hapu, Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : Rp. 2.500

Salah satu goa yang tak kalah keren adalah Goa Batu Hapu. Goa ini berada di tengah - tengah pegunungan, sehingga memiliki hawa yang sejuk. Keadaan Goa Batu Hapu seperti goa tropis, dimana ada banyak pohon yang masih tumbuh di sekitar mulut gua dan bebatuannya ditumbuhi lumut hijau. Pesona yang dimiliki goa karst ini pasti menarik untuk dijelajahi.  

6. Pulau Bakut

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Marabahan Baru, Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala.
Cara Kesana : Menggunakan taxi kelotok di bawah jembatan barito atau di Siring Piere Tendean Banjarmasin (± 1 jam). 
Buka / Tutup : -
HTM : Rp. 5.000 - Rp.7.500

Pulau ini tidak ada di tengah laut, tetapi ada di tengah aliran Sungai Barito, tepatnya di bawah Jembatan Barito. Taman Wisata Pulau Bakut ini adalah rumah bagi Bekantan, satwa endemik Kalimantan. Pulau Bakut memiliki jalan utama berupa jembatan kayu ulin yang bisa dilewati untuk menikmati suasana alam Pulau Bakut. Ada juga menara pandang untuk melihat sekeliling dari ketinggian dan kalau beruntung, kamu bisa melihat bekantan lho!.

7. Pulau Samar Gelap (Sambergelap)

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Kec. Pulau Sebuku, Kab. Kota Baru. 
Cara Kesana : Menggunakan kapal ferry dari Batulicin - Tanjung Serdang (± 30 menit), kemudian menuju Pelabuhan Panjang Kota Baru menggunakan motor, untuk lanjut naik speedboat (±2 jam).

Pulau ini cukup terkenal karena memiliki panorama yang indah dengan pasir putih yang bersih. Di pulau ini ada mercusuar yang bisa digunakan untuk melihat panorama dari atas. Pulau Sambergelap memiliki tempat penangkaran penyu. Selain melihat aktivitas penyu, kamu juga bisa snorkeling atau diving, berjalan mengelilingi pulau, memancing ikan tengiri maupun camping untuk menikmati liburan lebih lama, tetapi tentu harus ijin dulu ya guys!. 

8. Pulau Datu

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Batakan, Panyipatan, Kabupaten Tanah Laut.
Cara Kesana : Dari Pantai Batakan bisa sewa perahu atau klotok ke Pulau Datu (± 10 menit)

Pulau Datu ada di dekat Pantai Batakan. Jika kamu ingin ke Pulau Datu, kamu bisa menyewa cottage di sekitar pantai Batakan. Sesuai namanya, ada makam seorang datu sunan atau penyebar agama Islam di pulau tersebut yang dikenal dengan sebutan Datu Pamulutan, yang memiliki kegemaran menangkap burung dengan getah (pulut). Tak hanya penaromana alam yang indah, kamu juga bisa menemui ikan lumba-lumba jika beruntung. 

9. Pulau Pamalikan

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru.
Cara Kesana : Singgah terlebih dahulu ke Pulau Metasiri dengan rute Pagatan , Batu Licin, dan Pulau Metasari, menggunakan kapal sewa (± 10 jam). Bisa juga dimulai dari Kota Baru menggunakan kapal pinisi yang beroperai seminggu sekali dengan harga lebih murah (± 13-16 jam)

Pulau Pamalikan menjadi salah satu tempat perkembangbiakan beberapa jenis penyu, yaitu penyu hijau dan penyu sisik yang terancam punah. Panorama di Pulau Pamalikan sangat alami, ada beberapa vegetasi laut yang bisa dinikmati. Selain melihat penyu-penyu bertelur, kamu bisa berenang hingga diving, karena ada banyak biota laut yang bisa kamu lihat disini, tetapi pastikan untuk bawa peralatan sendiri ya guys!

10. Bukit Matang Kaladan

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Aranio, Kec. Aranio, Banjar.
Buka / Tutup : -
HTM : Rp. 3.000. 

Bagi kamu yang suka menikmati alam dari ketinggian, mampirlah ke Bukit Matang Kaladan yang mulai populer di kalangan traveler. Untuk kesana, kamu bisa mendaki atau sewa ojek (± Rp 20.000). Bukit ini menyajikan pemandangan perbukitan hijau yang mengelilingi danau di sekitarnya. Disini kamu akan dimanjakan dengan angin sejuk serta suara kicauan burung yang akan membuat betah dan nyaman. Sudah ada beberapa spot foto untuk mengenang liburanmu yang sempurna di bukit ini. 

11. Bukit Telang

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Desa Martadah, Kabupaten Tanah Laut.
Buka / Tutup : -
HTM : Parkir Rp 5.000 - Rp 10.000.

Bukit ini sangat indah karena menyerupai permadani hijau membentang seperti perbukitan yang ada di Sumba. Kamu harus mendaki sekitar satu jam untuk sampai ke puncak. Sampai disana, lekukan bukit-bukit berumput hijau membentang indah di depan mata dan jangan segan untuk camp di tempat ini untuk mengabadikan momen sunrise yang cantik. Untuk kesini jangan lupa membawa pelindung kepala ya guys!

12. Geopark Pegunungan Meratus

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Limbur, Kec. Hampang, Kab. Kotabaru.

Bagi yang suka wisata ekstrim, kawasan Geopark Pegunungan Meratus bisa jadi salah satu tujuan, karena disini kamu bisa berpetualang dengan beberapa wisata andalannya. Kawasan ini menyimpan kekayaan alam luar biasa serta keunikan budaya masyarakat adat Dayak Meratus. Kamu bisa mencoba mendaki Gunung Halau Halau, air terjun ataupun menyaksikan ritual adat disana. 

13. Bukit Tabuan/Pasepakan

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Riam Kanan, Kec. Aranio, Banjar.
Cara Kesana : Dari Kabupaten Banjar bisa carter kelotok (± Rp. 500.000) atau dari Kabupaten Tanah Laut bisa dengan kendaraan trail sekitar 2 jam melalui Desa Tanjung Bajuin. 

Bukit Tabuan berada di Sungai Anaru, Riam Kanan, Kalimantan Selatan. Untuk menikmati keindahan, kamu  harus naik bukit kurang lebih 45 menit. Keindahan panorama sungai dan perbukitan yang indah akan membuatmu betah berlama-lama. Puncak bukit ini juga cocok sekali untuk camping lho!. Kamu bisa memilih ingin naik perahu atau uji adrenalin dengan trail untuk kesana. 

14. Bukit Rimpi Pelaihari

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Tampang Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, GMK barat, Tampang, Kec. Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.
Buka / Tutup : -
HTM : Rp. 10.000

Bukit hijau ini dikenal juga dengan Bukit Teletubbies karena hamparan rumput di perbukitannya yang indah. Tidak hanya panorama menyejukkan mata saja, tetapi kamu juga akan melihat hewan ternak merumput disana. Jika ingin lebih sempurna, kamu bisa mengunjungi bukit ini saat matahari terbit guys!.

15. Taman Labirin Pelaihari

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut.
Buka / Tutup : 10.00 - 16.00
HTM : Rp. 2.000

Lengkapi petualanganmu dengan mencari jalan keluar di dalam Labirin Pelaihari!. Wisata asri yang unik menjadi tujuan banyak wisatawan karena menyuguhkan tantangan yang seru dan mengasyikkan. Sensasi memasuki lorong-lorong hijau tumbuhan hidup pasti akan membuatmu ingin kembali lagi dan menemukan jalan-jalan yang lain. 

16. Taman Satwa Jahri Saleh

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.
Buka / Tutup : 08.00 - 18.00
HTM : Rp. 2.000 -  Rp. 4.000

Taman Satwa atau Kebun Binatang Jahri Saleh ini adalah destinasi wisata di Kalimantan Selatan yang cocok untuk keluarga tercinta. Disini terdapat lebih dari 20 satwa, seperti berbagai macam unggas, reptil, primata, aves dan masih banyak lagi, sehingga bisa dijadikan sarana edukasi juga bagi anak-anak. Disini juga terdapat fasilitas bermain anak. Jadi dijamin liburanmu disini tidak akan membosankan. 

17. Taman Hutan Raya Sultan Adam

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Cempaka, Mandi Angin Barat, Karang Intan, Cempaka, Banjar.
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : Rp. 10.000

Bagi para pecinta wisata alam, Taman Hutan Raya Sultan Adam bisa masuk dalam list destinasi. Wisata di Kalimantan Selatan ini merupakan salah satu program pemerintah untuk menjaga potensi alam. Dengan luas sekitar 112 ribu Ha, ada berbagai objek wisata di dalamnya, seperti kolam Belanda, lapangan tenism Pasanggrahan Mandiangin, Bukit Tirai Hujan, Air Terjun Mandin Putri, Air Terjun Mandin Putri Kembar dan Air Terjun Mandin Tirai Hujan. Menikmati keindahan alam dari ketinggian sambil mengeksplore Taman Hutan lebih jauh pasti akan menjadi petualangan yang tidak terlupakan. 

18. Taman Siring (Pantai Jodoh)

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Gadang, Banjarmasin Tengah, Gadang, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : -

Taman di Banjarmasin ini tidak pernah sepi pengunjung, karena letaknya yang strategis, dengan suasana nyaman dan pemandangan yang lumayan indah. Meski namanya Pantai Jodoh, tempat ini hanyalah taman di tepi Sungai Martapura. Dikenal dengan Taman Siring 0 Kilometer Banjarmasin, tempat ini memiliki berbagai spot menarik untuk berfoto dan fasilitas naik perahu yang mengasyikkan. Tak heran kalau tempat ini menjadi wisata favorit keluarga. 

19. Air Terjun Mandin Damar

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu.
Cara Kesana : Dari Terminal Banjarmasin menuju daerah Kondangan dan lanjut ke daerah Desa Gunung Raya. Dari kantor kepala desa wajib ijin, kemudian trekking ke air terjun ± 3-5 jam. 
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : -

Air terjun cantik di Kalimantan yang satu ini selalu menarik minat banyak orang. Air terjun Mandin Damar atau Air Terjun Perawan ini memang hanya memiliki ketinggian sekitar 10 meter, tetapi suasana yang ditawarkan sungguh luar biasa. Dikelilingi hutan yang masih alami dengan area yang bersih, ditambah aliran sungai yang tampak menyegarkan serasa milik pribadi. 

20. Air Terjun Bajuin

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Damar Lima, Batu Ampar, Kabupaten Tanah Laut.
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : Rp. 10.000

Air terjun ini merupakan bagian dari Bajuin Park yang sedang diberdayakan pemerintah. Air terjun ini banyak dikunjungi untuk wisata dan camping. Ada beberapa air terjun yang bisa kamu temukan disini yang berbeda ketinggian, mulai ketinggian 17 - 34 meter di setiap lokasi yang berbeda. Jika kamu ingin mengeksplorasinya, pasti akan menjadi petualangan yang asyik guys!. 

21. Hutan Pinus Mentaos

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Jalan Suriansyah Ujung, Kelurahan Mentaos Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru.
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : Rp.20.000

Bagi yang ingin bersantai atau berfoto ria di tangah alam, kamu bisa mengunjungi Hutan Pinus Mentaos . Tempat wisata di Kalimantan Selatan ini pilihan yang tepat untuk liburan keluarga. Selain panorama alam yang sejuk dan indah, Hutan Pinus Mentaos juga memiliki banyak spot menarik untuk mempercantik fotomu. Fasilitas di tempat ini terus dikembangkan karena sudah menjadi salu wisata hits di Banjarbaru. 

22. Rumah Jomblo

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Cempaka, Kota Banjar Baru.
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : -

Meski namanya Rumah Jomblo, kamu yang sudah berpasangan juga tidak dilarang untuk datang kok. Rumah unik yang berdiri di ujung gundukan tanah merah ini cukup menarik, meski sempat roboh pada 2018. Bangunan khas'nya ini justru membuat Rumah Jomblo menjadi bangunan ikonik di sekitar kawasan perumahan daerah Gunung Kupang. Bangunan bekas tempat tinggal pekerja proyek ini menjadi jujugan banyak wisatawan. Itulah kenapa banyak yang enggan membongkarnya. 

23. Rumah Pohon Cempaka

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Bangkal, Cempaka, Kota Banjar Baru.
Buka / Tutup : 08.00 - 18.00
HTM : -

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat favorit anak muda di Banjar Baru. Tempat yang sedang naik daun ini jauh dari keramaian dan memiliki tempat yang asri. Dikenal sejak tahun 2017, Rumah Pohon Cempaka kini menjadi destinasi liburan keluarga yang menarik. Sesuai namanya, tersedia beberapa rumah pohon untuk peristirahatan pribadi, serta area outbond yang bakal membuat liburanmu lebih menarik. Namun, jangan berfikir pindah rumah kesana ya guys!

24. Up House of Dream


Lokasi : Sungai Miai, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Bagi kamu yang suka nuansa Disney, datanglah ke Up House of Dream di Banjarmasin ini. Bangunan yang ada di tempat ini dipoles sedemikian rupa sehingga mirip seperti di film produksi Pixar dan Disney. Sebenarnya rumah ini milil orang lain, tetapi karena bentuknya yang unik dan menarik perhatian, tidak sedikit orang yang berfoto di depannya. Jadi jangan malu untuk datang bertamu ya, atau hanya ingin foto saja?.

25. Pasar Apung Lok Bintan

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Jalan Sungai Martapura Jl. Sungai Tandipah, Sungai Tandipah, Kec. Sungai Tabuk, Banjar.
Cara Kesana : Menyurusi Sungai Martapura menggunakan klotok (± 30 menit). Bisa juga menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota (± 1 jam).
Buka / Tutup : 06.00 - 09.00

Jangan lupakan sensasi belanja di pasar tradisional ini saat ada di Kalimantan. Pasar apung ini sangat unik karena ada di atas jukung dan menjual beragam dagangan, seperti hasil sayur mayur, buah, kue tradisional dan sebagainya. Bahkan, pasar ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Banjar, hm... sangat bersejarah. Agar bisa melihat kesibukan pasar ini, jangan datang kesiangan ya, karena pasar hanya buka selama 3 jam dan kamu harus bangun pagi!.

26. Museum Wasaka

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi :
 Jl. Kampung Kenanga, Sungai Jingah, Kec. Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.
Buka / Tutup : 09.00 - 15.00 (Minggu 09.00 - 14.00 ; Senin 24 jam)
HTM : Rp.10.000 - Rp 15.000

Bukan hanya wisata alamnya, kamu bisa mengenal Kalimantan Selatan dengan mengunjungi Museum Wasaka. Wisata edukasi ini menyimpan banyak benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Kalimantan Selatan melawan Belanda, seperti koleksi senjata tradisional hingga modern dan pakaian barajah. Ada juga beberapa benda kuno seperti mesin tik, kemera, perabot dan sebagainya. Meski mungil, berkunjung ke museum tentu akan menambah pengetahuanmu di Borneo. 

27. Jembatan Antasan Bromo

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Kuin Kecil, Aluh-Aluh, Banjar.
Buka / Tutup : 24 jam

Seperti Pulau Bakut, Pulau Bromo juga ada di tengah aliran Sungai Barito. Sebenarnya bukan pulaunya yang menjadi daya tarik, tetapi kawasan Jembatan Antasan Bromo yang memiliki desain unik. Jembatan gantung yang diresmikan pada Januari 2021 ini memiliki bentuk seperti roller coaster dan panjang bentangnya sekitar 164,05 meter. Maka, jangan heran kalau sering dipadati pengunjung, ada banyak lapak menanti pembeli di ikon baru Kota Seribu Sungai ini. 

28. Jembatan Barito

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Beringin, Kec. Alalak, Kabupaten Barito Kuala.

Jembatan Barito melintang di atas Sungai Barito dan melintasi Pulau Bakut. Memiliki panjang 1.082 meter, jembatan ini merupakan akses jalan Trans Kalimantan dari Banjarmasin ke Palangkaraya. Pernah tercatat sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia, Jembatan Barito menjadi salah satu objek wisata di Kalimantan Selatan yang populer. Dari bawah jembatan ini, kamu bisa melihat lalu lalang kapal dan menghabiskan waktu sore dengan santai. 

29. Jembatan Gantung Sungai Nateh

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi :
 Nateh, Batang Alai Tim., Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Buka / Tutup : 24 jam

Ingin jembatan yang anti mainstream?, datanglah ke Desa Nateh, karena jembatan ini memiliki view alam yang indah. Jembatan ini sudah ada sejak tahun 2000 tapi karena viral, akhirnya banyak orang yang datang untuk sekedar berfoto dengan pemandangan perbukitan di sekelilingnya. Meski sederhana, jembatan ini justru menarik banyak orang lho!. Tertarik?

30. Kincir Angin Jembatan Rumpang

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi :
 Jl. Bahaudin Musa, Bagus, Marabahan, Kabupaten Barito Kuala.
Cara Kesana : 
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : 

Ingin melihat miniatur kincir angin?, kamu bisa datang ke Jembatan Rumpang. Tempat ini menjadi salah satu spot foto favorit di Marabahan yang bisa disinggahi sejenak. Namun, adanya monumen kincir angin ini disebut disorientasi, karena tidak ada sejarahnya kincir angin di Marabahan, tetapi adalah alat pemompa pagi manual. Hm....

31. Waduk Riam Kanan

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi :
 Tiwingan Lama, Kec. Aranio, Banjar.

Waduk ini memiliki panorama alam yang indah dengan adanya danau, lembah dan bukit di sekelilingnya. Danau yang memiliki air berwarna hijau ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan. Area yang asri, tenang dan sejuk membuat tempat ini cocok untuk bersantai. Ada pondok-pondok kayu dan juga kelotok yang tersedia bagi siapapun yang ingin berkeliling danau. Meski termasuk danau buatan, panoramanya bisa memikat banyak mata lho!. 

32. Guntung Nyaru

destinasi wisata kalimantan selatan

Lokasi : Desa Bungkukan, Kecamatan Kelumpang, Kabupaten Kotabaru 

Ingin yang segar-segar?, dinginkan dirimu di Guntung Nyaru. Kolam alami ini dikelilingi perbukitan, menjadikannya asri, teduh dan segar tentunya. Kolam alami ini memiliki kedalaman yang cukup menantang, meski ukurannya tidak besar. Jika ingin tantangan. kamu bisa melompat dari atas tebing ke air biru jernih di bawah. Namun, tetap hati - hati ya guys!. 

Itu adalah beberapa tempat wisata di Kalimantan Selatan yang populer dan sedang naik daun. Mana yang menjadi favoritmu?