13 Oleh-oleh Khas Samarinda Terpopuler, Wajib Dibeli

Jalan - jalan ke Kalimantan Timur, pasti tidak lupa mampir ke Samarinda. Ibukota Kalimantan Timur ini merupakan kota dengan penduduk terbesar di Pulau Kalimantan. Dulunya kota ini masuk dalam wilayah Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura.

Samarinda memiliki alam yang indah serta adat budaya yang beragam. Jika kamu sedang wisata ke Samarinda, kamu akan menemukan berbagai makanan, pakaian hingga tempat tinggal beragam. Omong-omong soal makanan, Samarinda juga menawarkan berbagai kuliner lezat yang wajib dicoba lho. 

Samarinda yang istimewa, banyak oleh-oleh yang bisa kamu pilih untuk dibawa pulang. Mulai dari makanan ringan, hingga aksesoris. Kamu bisa memilih berbagia oleh-oleh khas Samarinda yang banyak tersedia di pusat oleh-oleh. Berikut daftar oleh-oleh khas Samarinda :

1. Keminting

keminting
Makanan khas Samarinda ini adalah olahan kemiri dengan tambahan sagu, gula dan tepung. Sekilas bentuknya terlihat keras, tetapi setelah dikunyah akan terasa rasa manis gurih yang enak. Jajanan tradisional Samarinda ini sejak dulu hingga sekarang banyak disukai orang-orang. Maka tak salah jika keminting bisa menjadi salah satu pilihan oleh-olehmu dari Samarinda. 

2. Gula Gait

gula gait

Pembuatan jajanan berbentuk panjang dan kecil ini seperti dodol. Bedanya, membutuhkan waktu lebih lama dalam pengolahannya. Gula gait berbentuk seperti kayu dan terbuat dari gula aren dan gula pasir. Namun, jangan berfikir kalau kamu bisa menghabiskannya sekaligus, karena gula gait lebih mirip permen dibanding kue. Jadi, kamu akan lebih menikmati manisnya jajanan Samarinda ini. 

3. Amplang

amplang

Makanan ringan ini tidak hanya bisa ditemukan di Samarinda, tetapi di seluruh Kalimantan Timur yang menjadi provinsi khasnya. Amplang adalah makanan sejenis kerupuk ikan yang renyah dan gurih. Amplang terbuat dari olahan tenggiri dan tepung kanji yang dicampur bumbu rempah pilihan. Meski banyak kerupuk ikan tersebar di Indonesia. Amplang khas Samarinda ini tentu memiliki cita rasa berbeda. 

4. Roti Durian

roti durian

Dari banyaknya roti durian yang ada, Kue Durian Panglima adalah yang paling banyak dicari di Samarinda. Roti gulung ini tersedia dalam beragam toping dengan rasa creamy yang nikmat di lidah. Roti durian ini dibuat dari bahan berkualitas dan berbagai rasa, tetapi rasa durian dengan aroma khasnya dijamin membuat siapapun ketagihan. Kue durian hanya bertahan 3-4 hari. Jadi jika ingin membawanya, perhitungkan waktumu ya guys!.

5. Lempok Durian

lempok durian

Tak hanya roti durian, di Samarinda ada juga lempok durian. Lempok hampir sama dengan dodol, hanya berbeda pada bahan dasarnya. Dodol dibuat dari tepung beras, sedangkan lempok dibuat dari durian dan gula. Maka jangan heran kalau oleh-oleh khas Samarinda ini banyak diburu oleh pecinta durian. Berbeda dengan roti durian, makanan ini cukup tahan lama, jadi jangan ragu untuk membelinya. 

6. Abon Ikan Haruan

abon ikan haruan

Ada berbagai varian abon di Samarinda yang berbahan ikan, tetapi yang terkenal adalah abon ikan haruan atau ikan gabus. Ikan haruan adalah komoditas yang mudah didapatkan di Samarinda. Ikan haruan biasanya diolah menjadi amplang dan abon. Jika kamu terbiasa mengkonsumsi abon sapi, cobalan abon ikan haruan ini. Tahan lama dengan harga yang ekonomis mulai dari Rp.20.000an, kamu bisa membawanya pulang untuk oleh-oleh. 

7. Kue Ilat Sapi

kue ilat sapi

Kue Ilat Sapi atau kue lidah sapi sangat populer di Samarinda. Tapi jangan salah sangka dulu guys, karena kue ini tidak benar-benar terbuat dari lidah sapi. Kue ini terbuat dari tepung dan gula merah. Meski tampak keras, kue ini sangat lembut dengan rasa manis yang lezat. Tak hanya Samarinda, kue ini juga terkenal di Semarang. Ada berbagai bentuk kue ilat sapi yang bisa kamu pilih di toko oleh-oleh dengan harga bervariasi. 

8. Sagon Kelapa

sagon kelapa

Kue tradisional ini biasanya muncul di Hari Raya, tetapi kamu bisa mendapatkannya di pusat oleh-oleh khas Samarinda. Tekstur yang kering membuat kue ini cocok untuk dibawa pulang karena cukup tahan lama. Makanan berbahan baku kelapa dan tepung ini memang tidak memiliki bentuk yang menarik, tetapi untuk rasa dan aromanya jangan tanya guys!, pasti tidak mengecewakan. 

9. Tajong Samarinda

sarung samarinda

Jika kamu sudah puas dengan oleh-oleh makanan khas Samarinda, jangan berhenti dulu, karena ada sarung khas yang bisa menjadi alternatif lain. Sarung atau tajong Samarinda memiliki motif unik dengan pilihan warna mencolok. Proses tenun sarung ini bervariasi tergantung tingkat kesulitannya. Bisa 4 - 5 hari atau bahkan 15 hari. Maka jangan heran kalau harganya cukup menguras kantong ya!.

10. Ulap Doyo

ulap doyo

Bagi kamu yang masih asing dengan sebutan ulap doyo, maka siap-siaplah memasukkannya dalam list oleh-olehmu. Ulap doyo merupakan tenun warisan Dayak Benuaq yang memiliki kekhasan tersendiri. Ulap doyo merupakan tenun ikat dari serat daun doyo (Curliglia Latifolia) yang tumbuh liar di pedalaman Kalimantan. 

Kerajinan tenun ulap doyo ini bisa kamu dapatkan dalam bentuk kain, topi dan sebagainya. Kain ulap doyo biasanya dipaka dalam upacara adat seperti ritual kematian, pernikahan hingga pengobatan. Oleh-oleh khas Samarinda satu ini wajib kamu bawa pulang karena hanya ada di Kalimantan.

11. Batik Samarinda

batik samarinda

Tidak hanya di Jawa saja, Samarinda juga memiliki batik khas yang disesuaikan dengan kultur adat budayanya. Motif batik Samarinda menggambarkan kerja keras, kebersamaan dan berbagai motif lain seperti motif mandau, flora, fauna dan sebagainya, yang dipadukan dalam warna-warna menarik. Batik khas Kalimantan Timur menggunakan pewarna alami, seperti serat nanas, sutra, dan sebagainya. Kamu bisa mendapatkan batik Samarinda dalam bentuk kain dan baju. 

12. Kaos Jukut

kaos jukut samarinda

Di Bali ada Joger, di Samarinda ada Jukut. Kaos selalu menjadi oleh-oleh pilihan yang mudah dicari dan banyak digemari, tak beda dengan Kaos Jukut khas Samarinda ini. Kata jukut adalah bahasa suku Kutai yang berarti ikan. Kaos Jukut pun memiliki desain berupa ikon-ikon di Kalimantan hingga kata-kata lugas dan lucu yang menghibur dan menarik untuk dipakai. Seperti kaos-kaos lain di berbagai daerah, kamu harus membelinya sebagai bukti kalau kamu sudah sampai di Kalimantan. 

13. Aksesoris

aksesoris khas samarinda

Selain kaos, aksesoris khas Kalimantan juga bisa kamu dapatkan di Samarinda. Samarinda terkenal akan hasil bambu dan kayu, sehingga banyak aksesoris dari bahan tersebut yang bisa kamu bawa pulang sebagai cenderamata dalam bentuk gelang, kalung, manik-manik yang dijadikan tas, dompet, gantungan kunci dan lain sebagainya.

Itu adalah beberapa pilihan oleh-oleh khas Samarinda yang bisa menjadi pertimbanganmu saat wisata ke Kota Tepian ini. Tidak sulit untuk mendapatkannya karena kamu bisa menjumpai berbagai toko pusat oleh-oleh di setiap sudut kotanya. Semoga artikel Oleh-oleh Khas Samarinda bermanfaat!