9 Pantai Ikonik di Nusa Penida yang Menawan

Pulau Bali selalu menghadirkan wisata pantai yang menawan dan indah. Pulau Bali dan juga pulau di sekitarnya memiliki panorama alam yang luar biasa. Nusa Penida adalah salah satu pulau kecil di Bali yang terkenal dengan wisata bahari. Itulah kenapa Nusa Penida menjadi tujuan bagi penikmat snorkeling maupun diving.

Setiap harinya banyak wisatawan yang berlayar dari Pulau Bali ke Nusa Penida. Tidak hanya mengunjungi Nusa Penida saja, tetapi juga dua pulau di dekatnya , yaitu Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.  Tak kalah menarik dari pulau utamanya, Nusa Penida juga menyajikan pesona alam yang luar biasa indahnya. 

Nusa Penida menyimpan bermacam spot wisata pantai yang menarik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah wisata pantai pulau Nusa Penida :


1. Pasih Uug / Broken Beach

pasih uug
Pasih Uug terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Bali. Pasih Uug berarti pantai rusak. Berbeda dengan namanya, Pasih Uug Nusa Penida justru menawarkan keindahan alam yang indah dan unik. Pasih Uug ini seperti ikon khas Nuda Penida. 

Di Pasih Uug ada sebuah tebing yang berlubang di bagiah tengahnya hingga tampak seperti jembatan alami. Selain menikmati pemandangan pantai yang indah, berjalan menyusuri jembatan alami juga patut dicoba. Pasi Uug menjadi spot wajib saat berkunjung ke Nusa Penida guys!. 

2. Pantai Andus / Smoke Beach

pantai andus

Lokasi Pantai Andus tidak jauh dengan Pasih Uug. Pantai Andus Nusa Penida sering disebut smoke beach. Ini bukan karena pantai ini berasap, namun pantai ini memiliki ombak yang sangat besar sehingga menyerupai asap. Ombak yang besar akan menghempas karang dan bisa mencapai ketinggian sampai 15 meter.

Deburan ombak inilah yang menjadi keunikan Pantai Andus yang sayang jika tidak ditunggu. Bahkan, banyak wisatawan yang datang hanya untuk menunggu hempasan ombak sebagai background foto. Namun, harus tetap berahati-hati dan tetap waspada jaga jarak aman ya!.

3. Pantai Kelingking

pantai kelingking

Pantai Kelingking juga menjadi tujuan wajib saat ada di Nusa Penida. Pantai ini seperti surga tersembunyi dengan segala keindahannya. Tak hanya pasir putih saja, pantai ini memiliki bentangan samudra yang bisa dilihat dari atas tebing. Sesuai namanya, pantai berbentuk jari kelingking ini selalu ramai wisatawan dimestik maupun mancanegara. 

Pantai Kelingking berada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida. Spot utama tempat wisata ini adalah pemandangan dari atas tebing yang khas dan sangat indah. Jadi jangan segan untuk mengunjungi pantai ikonik ini ya!

4. Pantai Banah

pantai banah

Pantai Banah berada di Desa Batumadeg, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali. Meski namanya kurang populer di telinga para travelers, pantai cantik di Bali ini juga menarik untuk dikunjungi lho!. Keunikan dari pantai ini adalah adanya Tebing Banah yang ada di tengah laut. Tebing Banah berlubang pada bagian bawah dan bagian atasnya ditumbuhi pepohonan hijau. Tebing unik ini menjadi salah satu ciri khas Pantai Banah Nusa Penida.

5. Pantai Atuh

pantai atuh

Pantai atuh berada di Banjar Pelilit, Desa Pejukutan, Nusa Penida, Klungkung, Bali. Pantai ini juga dikelilingi tebing-tebing hijau yang tinggi. Keunikan dari Pantai Atuh adalah adanya pulau-pulau karang kecil di sekitar pantai dan tampak saling terhubung jika dilihat dari atas. Tebing berlubang juga akan ditemui di Pantai Atuh dan pemandangan ini sangat menawan dinikmati ketika sunset.

6. Angel's Bilabong

angel's bilabong

Meski di tepi laut, Angel's Bilabong bukan menarik karena pantainya, tetapi adanya kolam alami yang terbentuk karena alur sungai yang buntu sehingga membentuk kolam jernih dan menawan. Ditambah deburan air laut lepas, lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin merasakan sensasi berenang di cerukan alami di atas tebing. Dengan pemandangan laut lepas, berenang di kolam bening berwarna zambrud ini menjadi primadona Nusa Penida. 

7. Pantai Crystal Bay

crystal bay

Crystal Bay berada di Teluk Penisa, Banjar Penida, Desa Sakti. Crystal Bay adalah salah satu lokasi favorit bagi pecinta snorkeling dan diving di Nusa Penida. Keindahan biota bawah lautnya sangat menawan. Disini kadang ditemui ikan mola-mola atau ikan matahari yang berbentuk unik dan merupakan ikan bertulang terbesar di dunia.

Disana ada Pulau Batumejinong dengan pura di tengahnya. Jika bosan di pantai, kamu bisa snorkeling maupun naik ke Crystal Bay Point. Setelah mendaki ratusan anak tangga dan sampai di atas bukit, kamu bisa melihat pemandangan menakjubkan di sekeliligmu!. 

8. Pantai Suwehan / Volcom Beach

pantai suwehan

Seperti banyak pantai di Nusa Penida, Pantai Suwehan juga menawarkan keindahan panorama yang tak jauh beda. Uniknya, di tengah pantai ini ada bukit-bukit kecil yang ikonik, salah satunya adakan batu besar lancip yang dikenal dengan nama Batu Jineng. Pantai Suwehan juga jarang dilirik wisatawan karena tempatnya yang tersembunyi dan terpencil. Jadi bagi kamu yang ingin bersantai tanpa keramaian wisatawan, kamu bisa berkunjung ke pantai cantik satu ini guys!. 

9. Diamond Beach

diamond beach

Pantai ini semakin populer setelah dikembangkan dengan adanya tangga yang diukir pada tebing yang menjadi ciri khas pantai ini. Merupakan pantai baru yang dibuka pada tahun 2018, Diamond Beach sudah banyak menarik wisatawan. Apalagi lokasinya yang dekat dari Pantai Atuh membuatnya mudah untuk dikenali dan dikunjungi. 

Jernihnya air laut membuat siapapun bisa melihat biota laut dari permukaan. Warna biru yang bergradasi membuat siapapun ingin berlama-lama di pantai ini. Jika dulu hanya bisa dinikmati dari atas tebing. Kini kamu bisa turun ke pantainya. Tertarik kesana?

Itu adalah beberapa pantai di Nusa Penida yang paling digemari wisatawan saat berkunjung. Berupa pulau kecil yang indah, Nusa Penida tentu masih mempunyai lebih banyak pantai yang masih tersembunyi dan belum terekspos. Kebanyakan pantai indah di Nusa Penida berada di bawah tebing. Jadi untuk kesana pastikan dalam kondisi fit dan safety ya!. Selamat berlibur!