7 Tempat Wisata di Manado Paling Cantik dan Ikonik

Manado merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Utara yang menyimpan banyak sekali potensi wisata yang wajib untuk dikunjungi. Kota Manado juga memiliki tempat wisata alam yang tidak dapat Kamu temukan di tempat lain. Pantai dan pulau-pulaunya juga sangat menggoda untuk dijelajahi. 

Banyak destinasi wisata yang tersebar di Kota Manado dan sekitarnya, seperti Kabupaten Minahasa. Namun kali ini, akan dibahas tempat wisata di Manado yang paling ikonik dan terbaik yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Berikut tempat wisata terbaik yang merupakan surga tersembunyi di Manado : 

1. Pulau Siladen

destinasi wisata di manado
Pulau Siladen merupakan salah satu dari lima pulau yang termasuk dalam Taman Laut Nasional Bunaken suatu tempat wisata yang ada di Manado. Bagi Kamu yang ingin menikmati taman laut dari Pulau Siladen, Manado bisa mencoba alternatifnya dengan snorkeling, diving atau dengan berkeliling pantai menggunakan glass boat.

Tidak perlu repot membawa alat sendiri di Pulau Siladen. Ada juga tempat persewaan alat tersebut yang bisa ditemukan di lokasi Siladen 1 dan Siladen 2. Di Pulau Siladen juga ada acara tahunan berupa pembuatan istana pasir. Yang lebih recommended sebenarnya adalah snorkeling karena view yang bisa dinikmati sangat indah dan bisa dinikmati dengan sangat jelas.

2. Pulau Manado Tua


Tak jauh dari Pulau Bunaken ada Pulau Manado Tua. Seluruh daratan pulau ini berbentuk gunung berketinggian 655 mdpl. Gunung yang hijau menjulang itu bukanlah gunung berapi, tetapi gunung berapi aktif yang sesungguhnya berada pada kedalaman 150 meter yang bisa dilihat dengan diving

Taman laut di sekitar Pulau Manado Tua terkenal indah. Beragam biota laut dan ikan-ikan seperti dugong dan lumba - lumba juga ada disini. Selain menikmati keindahan alam di atas dan bawah lautnya, kamu juga bisa beraktivitas lain loh, seperti bersepeda, jogging dan sebagainya.

3. Pantai Malalayang


Salah satu pantai yang terletak di bagian selatan Kota Manado. Kamu bisa melihat pemkamungan menakjubkan yang bisa dilihat dari pantai ini, Kamu bisa melihat Pulau Manado Tua dan juga Pulau Bunaken. Sore hari pemkamungan sunset juga sangat bagus untuk dinikmati sembari mencicipi jajanan pinggir pantai khas Manado ini. Kondisi ombaknya yang relatif tenang, sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai.

4. Air Terjun Kima Atas


Kawasan wisata alam ini cukup terkenal dengan nama Dolaners. Bermain air dan berenang merupakan aktivitas favorit yang bisa Kamu lakukan dalam wisata alam Air Terjun Kima Atas Manado ini, apalagi dengan suasana alam yang asri dan jauh dari keramaian kota.

Suasana inilah yang dicari banyak wisatawan untuk menghilangkan sedikit penat dari hiruk pikuk kota. Di air terjun ini terdapat tiga tingkat air terjun, tingkat yang dimaksud adalah di air terjun ini air terjun yang sama mengalami 2 kali benturan atau permukaan yang rata.

5. Taman Laut Nasional Bunaken


Bunaken merupakan taman laut yang namanya sudah mendunia. Di Taman Laut Nasional Bunaken Manado, Kamu bisa melihat 2.000 jenis ikan dan berbagai biota laut. Selain itu, Kamu bisa melihat jenis ikan yang bisa dikatakan langka bahkan terancam punah, seperti duyung, penyu, dan ikan raja laut (coelacanth).

Di sini Kamu bisa menyelam dan menikmati snorkeling. Selain diving atau snorkeling, ada beberapa cara menarik lain yang bisa Kamu lakukan untuk menikmati keindahan Bunaken Manado. Kamu bisa berjalan kaki atau menyewa perahu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Hanya berjalan-jalan di sekitar pantai sudah merupakan pengalaman yang luar biasa.

6. Monumen Yesus Memberkati

Jika di Tana Toraja ada Patung Yesus Memberkati, maka di Manado juga ada monumen paling ikonik di Manado, yaitu Monumen Yesus Memberkati. Patung ini memiliki kemiringan 35 derajat, membuatnya tampak melayang di udara. Sedangkan di sekitarnya terdapat patung-patung malaikat yang lebih kecil sebagai patung penjaga. 

Patung ikonik di Sulawesi Utara ini tak hanya dinikmati sebagai karya seni, tetapi juga wisata religi bagi umat kristiani. Di tempat ini bukan hanya monumen saja, tetapi juga ada area jalan salip dan Plaza Getsemani. Wisata ikonik ini terbuka untuk umum. Jadi jangan lupa untuk berkunjung ke wisata unik di Manado ini ya guys!

7. Jembatan Ir. Soekarno

Selain Monumen Yesus Memberkati, ada juga jembatan Ir. Soekarno yang menjadi kebanggaan Kota Manado. Jembatan yang sudah terbengkalai selama bertahun-tahun ini akhirnya diresmikan pada 2015. Pada pembangunannya, jembatan sepanjang 1.127 meter yang sebelumnya bernama Nyiur Melambai  ini memang menemui banyak kendala. 

Tak jauh dari jembatan Ir. Soekarno ada Jembatan Megawati yang diresmikan lebih dulu. Dari jembatan gantung tersebut, akan tampak sebuah gunung di belakang teluk cantik yang menciptakan pemandangan menawan. Jadi kalau kamu ke Manado, jangan lupa untuk sesekali melintas di jembatan ini ya!.

Karena belum banyak diketahui bahwa fasilitas yang ada masih kurang mendukung. Untuk menuju ke sana, Kamu masih harus menyewa perahu nelayan keliling untuk mencapai pantai yang dimaksud. Demikian ulasan tentang destinasi wisata yang ada di manado semoga bermanfaat.