11 Tempat Wisata Unggulan di Nusa Tenggara Timur yang Terkenal

Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki 3 pulau utama yaitu Flores, Sumba dan Timor Barat. Selain itu, provinsi dengan ibukotanya di Kupang ini juga memiliki kurang lebih 550 pulau lainnya, seperti Alor, Lembata, Rote, Sabu, Adonara, Solor hingga Palue.

Setiap pulau yang termasuk dalam wilayah NTT memiliki banyak sekali obyek wisata alam, destinasi wisata sejarah hingga tempat wisata kuliner. Berikut ini adalah keindahan wisata di nusa tenggara timur yang bisa kamu kunjungi jika berada di provinsi yang berdekatan dengan Timor Leste yang merdeka dari Indonesia pada tahun 2002.

1. Danau Kelimutu

danau kelimutu
Lokasi : Woloara, Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur.

Danau Kelimutu berada tepat di dekat Gunung Kelimutu atau di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau Kelimutu terkenal karena air danau terbagi menjadi 3 warna. Bahkan karena hal tersebut, danau yang satu ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna Kelimutu.

Keindahan Danau Kelimutu sudah terkenal sejak jaman kolonial dan banyak pejabat tinggi Kerajaan Belkamu mendatangi danau ini. Karena keindahannya, Danau Kelimutu telah diabadikan oleh Pemerintah Indonesia sebagai hiasan pada uang kertas yang digunakan di dalam negeri.

2. Pulau Komodo

pulau komodo

Lokasi : Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Dinamakan Pulau Komodo karena di pulau ini terdapat hewan prasejarah yang masih hidup hingga saat ini yaitu komodo. Pulau komodo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Komodo berada di bagian paling barat NTT dan berbatasan langsung dengan NTB atau Nusa Tenggara Barat.

Pulau Komodo dan komodo sudah terkenal di seluruh dunia sejak tahun 1910-an. Yakni ketika tentara Belkamu mendapat laporan bahwa ada monster besar mirip kadal di pulau itu. Bahkan popularitasnya semakin meningkat setelah adanya pemberitaan dari media Hindia Belkamu tentang komodo dan keindahan pulau tersebut.

Tertarik dengan hewan tersebut, Douglas Burden melakukan ekspedisi ke Pulau Komodo dan menjadi orang pertama yang menamai reptil tersebut sebagai Komodo Dragon. Taman Nasional Komodo ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 1980-an dan oleh UNESCO diresmikan sebagai tempat konservasi khusus untuk pelestarian komodo.

Selain komodo, pulau ini juga memiliki keanekaragaman hayati di darat dan laut. Sedikitnya ada 1000 jenis ikan, ratusan terumbu karang dan masih banyak tumbuhan laut lainnya, beserta 19 jenis ikan paus serta lumba-lumba yang merupakan penghuni bawah laut Pulau Komodo.

3. Pantai Nemberala

wisata di rote

Lokasi : Nemberala, Rote Bar., Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Terkenal dengan pesona alam pantainya yang indah serta ombaknya yang memiliki ketinggian standart internasional untuk berselancar, Pantai Nemberala juga menjadi salah satu destinasi wisata menarik yang harus Kamu kunjungi selama berada di Nusa Tenggara Timur. Berada di Pulau Rote atau pulau yang terletak di ujung paling selatan Indonesia.

Pantai Nemberala sebenarnya lebih dikenal oleh wisatawan mancanegara daripada wisatawan lokal. Kamu tidak perlu khawatir memikirkan tempat untuk beristirahat ketika berada di tempat ini, karena developer dari Pantai Nemberala sudah menyediakannya. Mulai dari penginapan biasa, homestay hingga hotel yang memiliki tarif murah.

4. Batu Termanu

batu termanu

Lokasi : Onotali, Rote Tengah, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Saat kamu berkunjung ke Batu Termanu, maka terdapat 2 pilihan destinasi wisata lainnya yaitu Batu Hun dan Batu Suelay. Di sini kamu bisa melakukan aktivitas air seperti menyelam, snorkeling, dan memancing. Ada juga berbagai terumbu karang mutiara dan kerapu di daerah tersebut.


Kabarnya, Batu Termanu Suelay dapat menurunkan hujan. Oleh karena itu batu ini dianggap pembawa rejeki oleh masyarakat Rote Ndau. Bahkan dalam cerita rakyat, batu tersebut sering berpindah-pindah mengelilingi Pulau Rote. Awalnya, batu ini dipercaya berasal dari Vietnam, kemudian pindah ke Maluku, lalu ke ROte Barat Laut Oelaba, kemudian ke Termanu, Rote Tengah. Itulah kenapa batu ini sering didoakan oleh para tetua adat. 

5. Pantai Kolbano

pantai kolbano

Lokasi : Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Jika dilihat dari kejauhan, maka di sepanjang pantai Pantai Kolbano yang terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) akan tampak gemerlap. Hal ini disebabkan hamparan bebatuan dengan warna-warni indah yang sangat indah dan terbentuk secara alami.

Bebatuan yang ada di pantai kolabo memiliki warna yang beragam, mulai dari merah, hijau, kuning hingga yang memiliki corak khusus, bentuk bebatuan yang tersebar merata di sepanjang pantai Pantai Kolbano juga bermacam-macam, bahkan pantai seperti ini tidak ditemukan dimanapun di Bali. Indonesia.

6. Taman Laut Selat Pantar

wisata di alor

Lokasi : Munaseli, Pantar, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Tim.

Mungkin tidak berlebihan jika menyandingkan keindahan Taman Laut Selat Pantar dengan Taman Laut Komodo, Bunaken di Sulawesi Selatan hingga Raja Ampat di Papua. Karena memang keindahannya bisa diacungi jempol.

Taman Laut Selat Pantar merupakan sebuah taman laut yang terletak di Kabupaten Alor dan memiliki keindahan bawah laut yang mempesona, serta keanekaragaman terumbu karang hingga satwa yang menghuninya.

Bahkan ada beberapa fauna yang berada di bawah laut yang termasuk dalam kategori langka dan endemic. Taman Laut Selat Pantar selalu menjadi destinasi para penyelam kelas dunia. Selain itu, saat menyelam ke bagian tertentu Taman Laut Selat Pantar, Kamu akan menjumpai hiu dasar laut yang cukup bersahabat dengan para penyelam.

7. Desa Megalitik

desa adat di flores

Lokasi :  Tiworiwu, Jerebuu, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur

Salah satu destinasi wisata yang menarik di NTT adalah Desa Megalitik yang juga dikenal dengan Kampung Bena. Desa ini terletak di Desa Tiwuriwu, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada. Disebut megalitik karena memang di tempat itu terdapat peninggalan zaman megalitik berupa susunan bebatuan yang tertata rapi yang dibentuk menjadi jalan-jalan. Bahkan menurut masyarakat sekitar, jalan batu tersebut dibangun oleh Dhake dari Aimere atau orang pertama yang membangun jalan megalitik tersebut.

8. Gua Liang Bua

gua liang bua flores

Lokasi : Liang Bua, Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Tim.

Gua Liang Bua adalah sebuah gua yang terletak di Kabupaten Manggarai atau 14 kilometer dari Ruteng, Ibu Kota Manggarai. Gua Liang Bua menjadi terkenal ke seluruh penjuru dunia karena di tempat ini ditemukan tengkorak manusia purba pendek bernama Homo floresiensis. Selain itu, di goa besar ini, Kamu bisa menikmati pemkamungan stalagmit yang terbentuk secara alami selama puluhan tahun.

9. Labuan Bajo

wisata di labuan bajo

Lokasi : Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Labuan Bajo adalah pintuk masuk jika ingin wisata di Flores maupun di Taman Nasional Komodo. Disini kamu bisa memilih destinasi wisata pulau atau wisata di sekitar Labuan Bajo yang tak kalah cantik. Dari sini, kamu bisa menyeberang ke beberapa pulau eksotis seperti Pulau Bidadari, Pulau Padar, Pulau Kanawa, Pulau Kukusan Kecil dan Pulau Serayu. 

Selain itu, yang membuat Labuan Bajo direkomendasikan untuk dikunjungi adalah keberadaan gua eksotis bernama Batu Cermin, Air Terjun Cinca Rua, Bukit Cinta dan masih banyak wisata lainnya yang tentu kurang jika dinikmati sehari saja. 

10. Pulau Kanawa

pulau kanawa

Lokasi : Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. 

Satu lagi destinasi wisata pantai yang termasuk ke dalam provinsi Nusa Tenggara Timur yaitu Pulau Kanawa. Pulau yang terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo ini memiliki luas sekitar 32 hektar dengan pasir putih dan air laut yang sangat jernih.

Bahkan saat Kamu menyelam, Kamu bisa langsung melihat 'surga' bawah laut yang dipenuhi ikan dan penghuni laut lainnya. Ada juga ikan-ikan besar seperti manta, hiu hingga laut di kawasan laut Pulau Kanawa.

11. Pantai Pink

pantai pink flores

Lokasi : Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. 

Jika kamu pernah melihat gambar atau foto pantai berwarna pink, maka kamu tidak perlu berpikir bahwa pantai tersebut hanya ada di luar negeri, karena di provinsi NTT juga terdapat pantai seperti yang disebut dengan Pantai Pink. 

Disebut Pink Beach karena pasir pantai jika dilihat dari kejauhan berwarna merah muda dan terbentuk melalui proses yang alami atau alami. Pantai dengan pasir berwarna pink ini hanya bisa ditemukan di 7 negara selain NTT yaitu di Filipina, Italia, Karibia, Bahamas, Yunani dan Bermuda. 

Demikian ulasan tentang keindahan wisata di nusa tenggara timur semoga berman

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel