10 Destinasi Wisata Terbaik di Lombok Utara, Primadona Wisawatan

Lombok merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terletak di bagian timur, tepatnya di Nusa Tenggara Barat. Lombok sendiri terbagi menjadi beberapa bagian yang bisa dipilih untuk destinasi wisata. Nah, kali ini Lombok Utara cukup menarik untuk dibahas.

Lombok Utara adalah salah satu provinsi di Nusa Tenggara Barat yang ibukotanya berada di kawasan Tanjung. Lombok Utara memiliki keindahan yang membuat kawasan ini terkenal dengan keeksotisannya. Provinsi ini terkenal dengan ragam destinasi wisatanya yang sangat menarik. Keindahan alam, budaya, dan adat istiadatnya patut untuk diketahui lebih dalam.

Lombok tak hanya menyuguhkan pesona Gunung Rinjani yang tersohor. Beragam objek wisata unggulan juga disuguhkan di Lombok Utara ini. Berbagai tempat menarik kerap dijuluki sebagai surga tersembunyi di timur Indonesia. Berikut rekomendasi tempat wisata tersembunyi di Lombok Utara yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Desa Gumantar

wisata di lombok utara
Meski namanya masih asing didengar, faktanya sudah banyak wisatawan Belanda yang datang tahun 2010. Tempat wisata di Lombok Utara ini baru diekspose sekitar tahun 2014 dan kemudian mulai dikenal sebagai desa wisata. Usia desa adat ini sangat tua. Desa Adat Dusun Beleq sudah dikenal sejak 1257, saat Gunung Samalas meletus. 

Wisata desa adat ini masih dihuni oleh sekitar 28 keluarga secara turun temurun. Selain rumah-rumah adat, ada baruga, lumbung dan bangunan yang dikhususkan untuk acara adat. Sehingga, untuk masuk ke dusun ini syaratnya harus memakai kain. Mengenal tradisi dan budaya Lombok Utara bisa kamu mulai dari sini guys!

2. Air Terjun Gangga

wisata di lombok utara

Objek wisata kedua yang diambil untuk Kamu adalah Air Terjun Gangga. Tempat wisata ini sangat cocok untuk kamu yang suka bermain air. Tentunya karena tempat ini adalah air terjun. Air terjun ini unik dari air terjun lainnya. Karena air terjun ini memiliki tiga tingkatan. Untuk mencapai tingkat kedua dan ketiga air terjun ini, wisatawan diharuskan melakukan trekking terlebih dahulu.

Hal ini dikarenakan kemiringan tebing dari air terjun ini berkisar 45 derajat sehingga menyebabkan trekking. Berbagai aktivitas menarik dan menyenangkan bisa dilakukan di air terjun ini tentunya. Seperti berenang di air terjun tingkat pertama atau sekedar bermain air bagi Kamu yang tidak bisa berenang. Air terjun di sini sangat jernih dan tentunya segar.

3. Pantai Lokok Piko

pantai lokok piko

Bagi para wisatawan yang ingin merasakan indahnya pantai yang tenang namun tetap asri, maka Pantai Loko Piko bisa menjadi solusinya. Pantai ini memang sepi karena masih jarang dijamah wisatawan. Cocok untuk kamu yang ingin merefleksikan diri dari pekerjaan yang melelahkan.

Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya. Hal yang membedakannya adalah pasir yang dimiliki oleh pantai ini berwarna hitam. Meski kehitaman, keindahan pantai ini tak kalah dengan pantai pasir putih. Pemkamungan di sekitar pantai juga sangat menawan. Pohon kelapa menghiasi sepanjang tepi pantai.

4. Air Terjun Tiu Kelep

air terjun tiu kelep

Air terjun yang wajib dikunjungi saat menginjakkan kaki di Lombok Utara adalah Air Terjun Tiu Kelep. Pemberian nama air terjun ini berasal dari bahasa daerah yaitu "tiu" dan "kelep". Tiu memiliki air atau kolam, sedangkan kelep berarti terbang.

Air terjun di bawah Gunung Rinjani ini satu area dengan air terjun Sendang Gile. Untuk kesana dari Sendang Gile bisa langsung melanjutkan trekking. Konon airnya terbang karena air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 45 meter. Untuk aksesibilitas ke air terjun ini sudah cukup memadai. Jalannya lurus dan datar meski berbatu. Ditambah fasilitas tangga yang memudahkan pengunjung

5. Gili Trawangan

gili trawangan

Tempat wisata selanjutnya adalah Gili Trawangan. Di kawasan Lombok Utara sebenarnya terdapat tiga gili, yaitu Gili Air, Gili Meno, dan Gili Trawangan. Dari ketiga gili tersebut, yang paling sering dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara adalah Gili Trawangan.

Berbagai hal menarik bisa dilakukan di sini. Seperti snorkeling, diving, nonton di bioskop terbuka, berkuda keliling pantai, atau sekedar berfoto dan bersantai. Keindahan Gili Trawangan tidak ada duanya. Jadi objek wisata yang satu ini wajib dikunjungi.

6. Pantai Sire

pantai sire

Kawasan Lombok memang kaya akan wisata pantai. Nah, rekomendasi pantai ini adalah Pantai Sire. Pantai ini sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga, sahabat, kerabat, dan orang tersayang. Jarak pantai ini cukup jauh jika ditempuh dari pusat Kota Mataram yaitu sekitar 43 km.

Untuk bisa masuk ke Pantai Sire, wisatawan tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Pantai ini menawarkan keindahan alam baik di pedalaman maupun bawah laut. Ombak yang dimiliki pantai ini cukup tenang. Sehingga berbagai aktivitas menyenangkan bisa dilakukan di sini.

7. Pantai Tebing

pantai tebing

Pantai Tebing sebenarnya memiliki tebing. Tebing ini juga memiliki sejarah yang keberadaannya merupakan hasil dari letusan Gunung Rinjani Tua atau Samalas beberapa tahun lalu. Untuk mencapai pantai ini membutuhkan waktu yang lama.

Diperlukan waktu kurang lebih 1 jam 50 menit untuk bisa menikmati keindahan pantai ini. Pasir di pantai ini berwarna hitam. Namun pasir ini tetap memikat hati karena panorama sekitarnya yang mendukung dan memiliki tebing-tebing yang menjulang tinggi. Jadi sangat cocok untuk spot selfie yang asyik.

8. Air Terjun Sendang Gile

air terjun sendang gile

Berbagai destinasi wisata sudah pernah dikunjungi sebelumnya. Saatnya menjelajahi air terjun yang memiliki pesona berbeda. Air terjun tersebut dinamakan Air Terjun Sendang Gile. Air terjun ini bisa menjadi alternatif wisata bagi kamu yang berkunjung ke kawasan Lombok Utara, meski banyak juga air terjun yang bisa dikunjungi.

Konon air terjun ini dulunya bernama sengang gile yang artinya singa gila. Air terjun ini juga punya nama lain yaitu Batu Ko 'yang artinya batu kerbau. Tempat air terjun ini masih satu kawasan dengan Taman Nasional Gunung Rinjani. Jadi bagi kamu yang berkunjung atau berkunjung ke Gunung Rinjani, maka jangan lupa mampir ke air terjun ini.

9. Pantai Selong Belanak

pantai selong belanak

Berbagai pantai disuguhkan oleh Lombok, salah satunya adalah Pantai Selong Belanak. Untuk aksesibilitas menuju pantai ini membutuhkan waktu yang lama. Pantai selong belanak memiliki jarak kurang lebih 60 km dari keramaian yaitu Kota Mataram. Jalan menuju pantai ini terjal dan berkelok-kelok.

Yang membuat pantai ini menarik adalah pemkamungan bawah lautnya yang mempesona sehingga cocok sebagai tempat snorkeling. Pantai ini juga memiliki pantai berpasir putih. Sehingga berbagai aktivitas menarik biasanya dilakukan di atas pasir putih ini. Seperti berjemur di pantai, bermain voli, membakar, atau sekedar menikmati sore hari.

10. Masjid Kuno Bayan Beleq

masjid kuno bayan beleq

Setelah membahas berbagai destinasi wisata baik alam maupun bahari, maka objek wisata yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Masjid Kuno Bayan Beleq. Masjid kuno ini merupakan salah satu bangunan peninggalan Islam yang tersisa hingga saat ini. Masjid ini dibangun sejak abad ke-15, menjadikan masjid ini masjid tertua di Lombok.

Masjid kuno ini masih bernuansa kuno atau tradisional. Bahkan bisa dikatakan jauh dari arsitektur modern. Pasalnya, masjid ini masih mempertahankan keasliannya seperti saat pertama kali dibangun. Masjid ini kini dijadikan sebagai bangunan cagar budaya yang tidak sembarang orang bisa masuk. 

Masih banyak pesona Lombok Utara yang masih dieksporse, tetapi hanya beberapa yang sudah dikenal hingga penjuru dunia. Jika kamu berwisata di area Lombok Utara, kamu bisa mengunjungi tempat wisata populer yang sudah disebutkan diatas guys!. Semoga artikel destinasi wisata Lombok bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel