13 Destinasi Wisata di Sumatra Utara yang Terkenal & Indah

Jalan-jalan ke Sumatra Utara, jangan lewatkan berbagai destinasi wisata yang ada disana. Ada banyak tempat wisata di Sumatera Utara yang asyik untuk dikunjungi. Destinasi beragam, dengan banyak pilihan mulai dari tema sejarah, budaya hingga alam. Semuanya ada di sana, yang jelas sangat lengkap. Musim liburan sudah tiba, punya rencana mau jalan-jalan kemana?

Sumatra Utara mungkin belum sepopuler pulau wisata di timur Indonesia, tetapi kamu akan menemukan berbagai wisata terbaik di sumatra yang bisa dijadikan destinasi liburanmu. Tak perlu mempertanyakan keindahan tempat wisata di Sumatera Utara. 

Berikut beberapa wisata terbaik di Sumatra Utara :

1. Danau Toba

danau toba
Danau Toba dikenal sebagai danau terbesar di Indonesia. Ukurannya seperti lautan dan luasnya meliputi wilayah Parapat (Simalungun), Tongging (Karo), Balige (Toba Samosir). Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba memiliki pesona sejarah, budaya hingga kesenian tradisional. Sedangkan dari ketinggian puncak Bukit Simalem atau Bukit Indah Simarjarunjung (BIS), pemandangan Danau Toba terlihat sangat indah.

2. Pulau Samosir

pulau samosir

Samosir adalah sebuah pulau di tengah Danau Toba. Pulau kecil ini kaya akan tradisi Batak. Selain keindahan alamnya, yang menarik perhatian wisatawan adalah wisata budaya seperti Manortor Tari Tor-tor, atraksi boneka penari Sigale-gale berbusana ulos, dan alunan musik Gondang. Adapun sejarahnya, ada Sarkofagus (Kuburan Batu) dan Batu Kursi Raja Siallagan. Juga terkait dengan legenda Raja Rahat dan putranya Pangeran Manggalae.

3. Bukit Lawang

bukit lawang

Jika Kamu ingin bertemu dengan satwa liar dilindungi seperti orangutan yang hidup di alam bebas, pergilah ke Bukit Lawang. Letaknya tidak jauh dari kawasan Tangkahan. Ia dikenal sebagai habitat asli ekosistem Orangutan Sumatera. Itu juga merupakan titik dimana akses utama ke Taman Nasional Gunung Leuser adalah melalui jalur utara. Kategori wisata safari ini mirip dengan Tanjung Puting di Kalimantan Barat.

4. Air Terjun Sipiso-piso

air terjun sipiso-piso

Termasuk salah satu air terjun tertinggi di pulau Sumatera. Wisata alam tersembunyi ini terletak di Kabupaten Karo. Siapapun yang melihatnya akan terkesima, keberadaan Air Terjun Sipisopiso berada di lembah bukit kecil. 

Daerah sekitarnya ditumbuhi pepohonan hijau yang asri, terdapat bebatuan yang berserakan di sepanjang sungai, air yang mengalir sangat jernih, udara pegunungan yang sejuk dan suasana yang tenang tepat untuk dijadikan tempat refreshing.

5. Dolok Tinggi Raja

dolok tinggi raja

Taman air yang indah bagai surga tersembunyi yang terletak di Tinggi Raja, Simalungun. Wisata alam Dolok Tinggi Raja merupakan kumpulan air terjun kecil yang bertingkat-tingkat dengan pesona bebatuan karang putih dan kolam alami dengan air hijau tosca yang eksotis. 

Air danau berwarna biru kehijauan yang sangat indah. Jika Kamu menyukai aktivitas yang menyenangkan, pasti jangan diam dan menatap, Kamu pasti ingin berenang dan melompat dari tebing ke dalam air.

6. Candi Bahal

candi bahal

Salah satu candi Budha yang ada di Sumatera Utara, tepatnya berada di Padang Bolak. Candi Bahal diperkirakan dibangun pada abad 11 hingga 13 M, yang merupakan peninggalan kerajaan masa lalu. Area kompleks candi cukup luas, beberapa arsitektur candi, artefak dan relief candi masih bisa dilihat. 

Selain itu juga menarik sejarahnya yang hingga saat ini masih menjadi misteri yang penuh tkamu tanya. Jika Kamu menyukai wisata sejarah dan bangunan cagar budaya, Kamu wajib datang ke sini.

7. Istana Maimun

istana maimun

Ingin menyaksikan kehebatan Kerajaan Deli di Sumatera Utara, silahkan ke Istana Maimun. Bangunan cagar budaya abad ke-18 ini berdiri di area yang luas dan memiliki beberapa bangunan dengan banyak ruangan. Didirikan oleh Sultan Ar-Rasyid Alamsyah. Amati bagaimana sejarahnya dan kenali koleksi benda-benda bersejarah yang ada disana, mulai pusaka hingga sastra.

8. Tangkahan

tangkahan

Jika Kamu tertarik berwisata safari melihat gajah di alam bebas, datang saja ke Tangkahan. Kawasan konservasi ini masih berada di dalam kawasan cagar alam Gunung Leuser, sekitar 20 km sebelah utara Bukit Lawang. Pengunjung bisa melihat lebih dekat habitat gajah Sumatera yang sebenarnya. Mengetahui bagaimana kehidupan endemik gajah ini di ekosistem alaminya. Mungkin hampir seperti Way Kambas.

9. Desa Bawomataluo

desa bawomataluo

Destinasi wisata top di Nias. Secara keseluruhan nuansa budaya menjadi ciri khas desa adat Nias yang terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Desa di puncak bukit yang datar itu disebut Desa Bawomataluo, yang artinya Bukit Matahari (dalam bahasa Inggris). Spot-spot ikonik rumah adat Nias memang menawan, diantaranya peninggalan seni tradisi daerah (Fahombo, Rago Ue, Fafusi, Fabelugama, Fabiri) dan keramahannya.

10. Pulau Nias

pulau nias

Kepulauan Nias populer sebagai tujuan favorit para pelancong, karena budaya dan keindahan alamnya yang menakjubkan. Ada hutan tropis, air terjun, laguna biru, dan pantai terbaik untuk berselancar. Tempat berselancar surga termasuk Pantai Sorake Bay dan Pantai Lagundri. 

Berada tidak jauh dari Teluk Dalam yang menyukai tempat wisata budaya, silahkan datang ke Desa Bawomataluo. Biasanya traveler yang berkunjung ke sini menggunakan kapal feri dari Sibolga, atau dari Medan dengan menggunakan pesawat.

11. Air Terjun Dwi Warna Sibolangit

air terjun dwi warna sibolangit

Wisata ini masih termasuk wisata alam yaitu air terjun. Keunikan tempat wisata ini karena airnya memiliki dua warna yang berbeda. Warna air terjun ini berwarna abu-abu dan biru muda. Ini karena kandungan fosfor dan belerang. Air Terjun Dwi Warna Sibolangit memiliki ketinggian kurang lebih 100 meter.

12. Air Terjun Sigura-Gura

air terjun sigura-gura

Wisata Sumatera Utara lainnya adalah Air Terjun Sigura-gura. Ketinggian air terjun ini mencapai 250 meter. Bisa dibayangkan betapa tingginya air terjun tersebut. Tentunya disekitarnya terdapat tumbuhan hijau dan bebatuan yang memberikan kesan natural yang begitu kental dan tentunya sangat menakjubkan.

Lokasi ini sangat dekat dengan Danau Toba. Oleh karena itu, banyak sekali wisatawan mancanegara maupun domestik yang ingin melihat langsung keindahan air terjun tersebut setelah puas melihat-lihat dan berkeliling Danau Toba.

13. Pantai Lagundri dan Sorake

pantai di sumatra utara

Jika Kamu juga menginginkan wisata pantai di Sumatera Utara, Kamu tidak perlu khawatir. Hal ini dikarenakan di Sumatera Utara terdapat pantai yang tidak kalah indah dengan pantai lainnya di Indonesia. Apalagi jika Kamu termasuk orang yang suka berselancar, Pantai Lagundri dan Sorake adalah pantai yang sangat cocok untuk menjalani hobi Kamu.

Kedua pantai tersebut, Lagundri dan Sorake, masih berada dalam satu garis pantai yang sama. Lebih tepatnya terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Nias Utara, Sumatera Utara. Pantai Lagundri dan Sorake memang sangat terkenal, terutama bagi orang-orang yang hobi berselancar. Ini karena dua ombak di pantai ini cukup besar dan sejuk untuk berselancar. Mengenai penginapan, Kamu tidak perlu khawatir.

Tentu ada banyak penginapan yang bisa dengan mudah Kamu temukan. Kamu bisa memesan langsung dengan mengunjungi tempat tersebut atau bisa juga memesan secara online. Maka dari itu Kamu tidak perlu lagi khawatir dengan penginapan, karena sudah banyak tersedia. Demikian ulasan tentang beberapa tempat wisata di sumatra utara semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel