Berbagai Kuliner Khas Makassar yang Wajib Dicoba

Indonesia yang memiliki berbagai macam suku dan budaya yang juga menjadikan Indonesia memiliki banyak makanan dari masing-masing daerah.  Jika kamu berkunjung ke Makassar, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Makassar ini, yang mungkin tidak akan kamu temukan di tempat lain. 

Jajanan hingga makanan khas menjadi kuliner yang wajib kamu coba saat berlibur di ibukota Sulawesi Selatan ini. Kamu bisa menemukan banyak pedagang yang menjual kuliner Makassar di sepanjang jalanan kota. Mungkin beberapa hampir sama dengan kuliner yang ada di tempat lain, tapi bisa jadi hanya berbeda nama atau rasa. 
 
Banyak sekali makanan khas Makassar yang mungkin belum kamu ketahui. Berikut liputan tentang makanan khas Makassar yang wajib dicoba, agar rindumu di Kota Daeng tidak pernah hilang.

1. Coto Makassar

kuliner khas makassar
Makanan asal Makassar yang kaya akan rempah-rempah ini sangat digemari di seluruh pelosok nusantara bahkan di seluruh mancanegara. Kuliner Khas Makassar yang kaya akan rempah-rempah ini sangat digemari di Indonesia. Bagi orang-orang yang datang ke Kota Makassar, tentunya sudah pernah mencicipi makanan Coto Makassar yang satu ini.

2. Sop saudara

kuliner khas makassar

Makanan sup berasal dari kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sop Saudara ini terbuat dari daging sapi, bihun, dan kentang goreng berbentuk bola-bola kecil, dan paru-paru sapi goreng, disajikan dengan nasi putih, ikan bakar, dan telur rebus sebagai lauk. Tambahan lain sebagai pelengkap menu adalah sambal kacang dan irisan ketimun.

3. Konro

kuliner khas makassar

Konro adalah makanan khas Makassar yang terbuat dari iga sapi atau daging sapi. Daging sapi direbus dengan kayu manis, air asam dan bahan lainnya. Konro juga dimasak dalam bentuk kuah yang memiliki bumbu. Konro merupakan makanan asal Makassar yang berbahan dasar daging sapi rebus atau iga sapi bersama dengan bahan lain seperti kayu manis, air asam dan berbagai bahan lainnya.

4. Barangko

makanan khas bugis

Barangko merupakan makanan penutup yang juga berasal dari daerah bugis makassar yang memiliki bentuk kue pisang yang sangat lembut dan halus, serta pisang yang sudah dipadukan dengan bahan lain seperti telur, gula pasir, garam, dan bubuk. susu, lalu dibungkus dengan daun pisang. 

 Barangko merupakan makanan penutup yang berasal dari daerah bugis makassar berupa kue pisang yang sangat lembut dan halus. Dan pisang adalah bahan baku utama dengan proses seperti itu.

5. Pisang Epe

makanan khas sulawesi selatan

Pisang Epe merupakan makanan yang juga berasal dari Makassar dan juga berasal dari pisang yang biasa digunakan yaitu pisang kepok yang setengah matang. Makanan yang berasal dari kota makassar ini berbahan dasar pisang. Pisang yang digunakannya adalah pisang kepok yang setengah matang. Sistem pembuatannya sangat mudah dengan bahan yang mudah ditemukan.

6. Es Palu Butung

makanan khas sulawesi selatan

Es palu butung yang merupakan es campur dengan corak khas yang berasal dari Kota Makassar ini menjadi makanan penutup untuk makanan. Bahan dasar pembuatan es ini adalah pisang hijau yang kemudian dipotong dan diletakkan di atasnya.

Seperti bubur putih yang terbuat dari santan dan ditambah es serut dan susu kental manis. Es Palu Butung merupakan minuman pencuci mulut yang membuat pembeli terasa lebih enak dan yang terpenting minuman ini juga mengandung banyak kalsium yang terbuat dari pisang hijau.

7. Gogoso

makanan khas bugis

Gogoso merupakan makanan khas Bugis Makassar masyarakat Sulawesi Selatan. Yang biasa disantap saat lebaran. Gogoso merupakan salah satu makanan khas Bugis Makassar yang begitu populer di Sulawesi Selatan saat Lebaran, selain Ketupat Lebaran. Gogoso pun ikut memeriahkannya dengan berbagai sajian lainnya di hari biasa.

8. Pallu Basa

kuliner khas makassar

Pallu basa merupakan makanan khas yang berasal dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Penyajiannya hampir sama dengan Coto Makassar. Namun terdapat beberapa perbedaan dari bahan yang digunakan. Pallu Basa menggunakan bahan dasar daging sapi dan jeroan.

9. Mie Titi

kuliner khas sulawesi selatan

Mie Titi merupakan makanan yang berasal dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang biasanya disajikan pada malam hari. mengandung rasa yang sangat gurih dan gurih, serta menggunakan berbagai macam daging dan seafood serta lalapan bumbu lainnya. 

Mie Titi merupakan salah satu makanan khas Kota Makassar yang umumnya disajikan pada malam hari. selain itu rasanya yang gurih dan nikmat menggoyang lidah setiap orang yang mencicipinya dengan kombinasi daging sapi dan sayuran bumbu lainnya.

10. Otak Makarel

Makanan pertama yang harus kamu beli adalah Otak Makarel. Makanan ini terbuat dari ikan tenggiri yang diberi bumbu tradisional kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Sekilas, pepes ini terlihat seperti ikan yang ada di pulau jawa.

Hanya saja otaknya tidak menggunakan tomat agar tetap putih. Makanan ini biasanya dijadikan lauk atau sarapan pagi karena rasanya yang gurih dan menggugah selera. Namun, jika berniat untuk membawanya pulang, pastikan memesan otak segar agar tidak cepat busuk selama perjalanan.

11. Bannang-bannang

oleh-oleh khas makassar

Kue bannang-bannang adalah salah satu jajanan di Makassar yang sangat terkenal sebagai oleh-oleh. Olahan makanan ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dibentuk menyerupai benang kusut. Istilah bannang-bannang berarti benang kusut. Meski berbentuk, makanan ini sangat gurih, manis dan lumer di mulut. Kue ini sering dijumpai dalam berbagai upacara adat dan melambangkan ikatan yang erat.

12. Kue Kurma Makassar

oleh-oleh khas sulawesi selatan

Jangan salah sobat, makanan ini sama sekali tidak menggunakan kurma. Telur, tepung terigu, mentega dan tepung maizena diaduk hingga merata dan berbentuk lonjong. Adonan lonjong ini kemudian ditutup dengan karamel hingga berbentuk seperti kurma. Kue ini kemudian ditaburi dengan potongan kacang agar semakin gurih. Kue kurma ini menjadi incaran para wisatawan yang berlibur ke Makassar.

13. Abon Raos

Tak salah jika jajanan di Makassar ini cukup mahal. Raos suwir tidak bisa dibandingkan dengan baon daging sapi lainnya. Raos suwir akan terasa lebih nikmat jika disantap dengan sepiring nasi hangat. Kamu bahkan tidak akan merasa seperti Kamu telah menghabiskan sebungkus irisan daging raos karena rasanya yang lezat.

14. Kerupuk Jintan

oleh-oleh khas sulawesi selatan

Kerupuk jintan merupakan salah satu makanan khas Makassar yang cukup khas dan tidak dapat ditemukan di tempat lain. Sekilas, kerupuk ini terlihat mirip dengan kue kering. Namun saat mencobanya, Kamu akan merasakan nikmat dan nikmatnya selain dari kerupuk yang satu ini. Campuran kerupuk yang dicampur dengan jintan hitam menambah cita rasa dan keunikannya yang khas. Makanan ini sangat cocok disantap di sore hari dengan ditemani secangkir teh manis.

15. Kacang disko

Mirip dengan hidden beans, disco beans juga menjadi camilan di Makassar yang wajib disajikan di meja tamu. Jika kacang tersembunyi Kamu hanya disajikan dengan rasa manis, maka akan berbeda dengan kacang disko. Kacang disko memiliki banyak varian rasa seperti original, spicy, salty, spices dan lain sebagainya. Kacang ini sangat cocok untuk oleh-oleh untuk teman dan keluarga di rumah.

16. Jalangkote

kuliner khas sulawesi selatan

Jalangkote merupakan jajanan khas Makassar yang bentuknya seperti pastel, namun dengan kulit yang lebih tipis. Jajanan ini terbuat dari campuran tepung dan mentega yang diisi dengan berbagai bahan dan sayuran, seperti kentang, tauge, telur, wortel, hingga mie atau bihun.

Selain itu, Jalangkote juga bisa kamu jadikan sebagai alternatif jajanan khas Makassar untuk dibawa pulang ke kampung halaman. Itulah sepuluh kuliner khas Makassar yang bisa Kamu cicipi saat menghabiskan momen liburan Kamu di Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan ini.

Jajanan dan makanan khas Makassar diatas bisa kamu nikmati saat bersantai maupun saat jam makan. Beberapa jajanan juga bisa kamu bawa pulang untuk oleh-oleh. Terlepas dari sepuluh jenis makanan yang sudah diulas di atas, Makassar masih memiliki beragam kuliner khas lainnya yang tak kalah nikmatnya. Jadi, pastikan wisata kuliner masuk dalam agenda liburanmu di Makassar. Demikian ulasan tentang beberapa kuliner khas makasar semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel