8 Tempat Wisata Alam Favorit di Bandung, Tersembunyi & Anti Mainstream

Bukan hanya karena letaknya yang strategis, Bandung juga terkenal sebagai destinasi wisata dengan alamnya yang indah, hawanya yang sejuk, dan bangunan bersejarah yang sangat indah. Potensi Bandung juga dimanfaatkan oleh pengembang untuk melakukan berbagai tempat wisata yang menarik.

Selain sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat, Bandung juga terkenal sebagai kota wisata. Tempat wisata di Bandung bisa Kamu jumpai banyak seperti wisata alam, sejarah, bahkan religi. Nah kali ini kita akan membahas tentang wisata tersembunyi di Bandung yang belum banyak diketahui orang. Karena belum terlalu terkenal, tempat liburan ini cenderung sepi, tidak banyak pengunjung.

Dengan begitu Kamu bisa menghabiskan banyak waktu berlibur di tempat tersebut dengan leluasa. Untuk lebih tepatnya, tempat wisata anti mainstream di Bandung cocok untuk menghabiskan waktu liburan Kamu.

Tempat wisata di bandung

1. Situ Cileunca

tempat wisata di bandung
Situ Cileunca yang terletak di Kecamatan Pengalengan, Bandung ini menjadi salah satu tempat wisata alam favorit di Jawa Barat. Banyak wisatawan yang mencari tempat ini untuk menghabiskan liburannya, karena suasana di Situ Cileunca begitu asri, sejuk, dan memiliki kesan yang romantis.

Telaga atau telaga ini jauh dari pusat kota, hal inilah yang menyebabkan Situ Cileunca tidak banyak dikunjungi pengunjung. Jarak tempuh dari pusat kota Bandung sekitar 2 atau 3 jam menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Tempat liburan di Bandung selatan ini jauh dari kata harga mahal, tiket masuknya hanya Rp. 2.500. Dengan tarif semurah itu, Kamu sudah bisa menikmati suasananya.

Airnya yang tenang membuat para pengunjung merasa tenang, tentram, rasa penat yang ada pada diri kamu hilang. Benar-benar tempat wisata yang recommended banget, apalagi kalau kamu mengunjunginya bersama orang yang kamu sayang.

2. Adrenalin di Jalur Palintang

tempat wisata di bandung
Buat kamu yang suka tantangan wajib banget datang ke tempat liburan di Bandung ini. Liburan Kamu akan semakin berkesan jika diisi dengan aktivitas offroad atau bersepeda gunung di Palintang Tracks.

Palintang adalah sebuah desa yang terletak di Ds. Cipanjalu, Cilengkrang, dimana desa tersebut terdapat jalur atau arena offroad. Treknya memang cukup menantang, jalanan yang tidak rata, sempit, berkelok-kelok, dan penuh bebatuan, cocok untuk memompa adrenalin dengan mengendarai sepeda gunung atau mobil offroad.

Trek ini semakin menantang saat aktivitas offroad dilakukan di musim hujan. Yang lebih menarik, jalur ini menawarkan pemkamungan yang indah dan asri karena dikelilingi kawasan perbukitan. Pemkamungan yang indah ini menjadikan para penggemar offroad menjadikan Palintang Track sebagai tempat wisata paling favorit di Bandung. Tertarik mengisi liburan di Trek Palintang? Ayo segera kunjungi.

3. Rafting di Sungai Citarum

tempat wisata di bandung
Sungai yang terletak di Desa Cisameng ini menawarkan permainan seru yang sayang untuk dilewatkan. Arus Citarum yang kuat membuat aktivitas rafting atau arung jeram di sini cukup menantang. Rafting membuat liburan Kamu semakin berkesan tentunya. Dengan waktu tempuh 2 hingga 3 jam, liburan kali ini mungkin tidak akan terlupakan dalam ingatan Kamu.

Bebatuan yang ada di sungai menambah keseruan, apalagi saat perahu dihantam bebatuan dan derasnya ombak air yang diombang-ambingkan. Kamu tidak perlu takut dengan arus deras dan bebatuan karena di sana akan disediakan pemandu sungai dan perlengkapan keselamatan yang lengkap.

Sebelum arung jeram dimulai, pengunjung akan diberikan pengarahan tentang cara-cara dasar mendayung dan menyelamatkan diri, kemudian melakukan pemanasan bersama. Jadi, tidak ada yang perlu Kamu khawatirkan.

4. Gua Pawon

tempat wisata di bandung

Dalam bahasa Jawa pawon artinya dapur. Namun di Kota Bandung terdapat tempat wisata bernama Goa Pawon. Goa yang terletak di desa Masigit ini merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang belum banyak dikenal orang. Salah satu tempat liburan di Bandung yang wajib kamu kunjungi karena selain memiliki keindahan stalaktit dan stalagmit, Goa Pawon juga memiliki sejarah yang bisa Kamu pelajari.

Jadi, tempat ini cocok untuk belajar buah hati kamu dari segi ilmu pengetahuan khususnya yang berhubungan dengan manusia purba. Nah, kapan kamu akan berkunjung ke tempat liburan di Bandung berupa goa bersejarah yang super keren ini?.

5. Tahura Ir. H. Djuanda

tempat wisata di bandung

Tahura, apakah kamu pernah mendengar kata ini? Tahura adalah singkatan dari Grand Forest Park. Di tempat wisata ini, Kamu bisa trekking untuk menyehatkan tubuh sekaligus menyegarkan diri. Taman hutan yang memiliki luas 590 hektar ini tentu saja ditumbuhi tanaman yang menyejukkan suasana.

Ada 2.500 jenis tanaman yang ditanam di sini, banyak sekali bukan? Selain itu, Kamu akan menemukan Gua Jepang di dalam area taman hutan. Dimana kamu dapat menemukan tempat wisata Tahura Ir. H. Djuanda ini?. Kamu tinggal menuju ke kawasan Dago, di kawasan tersebut akan ada petunjuk arah menuju Tahura.

6. Gua Putri

tempat wisata di bandung

Ada lagi tempat menarik di Bandung yang unik dan anti mainstream yaitu Gua Putri. Wisata yang satu ini berjarak 35 km dari pusat kota tepatnya di Collin. Mitos yang berkembang di tempat ini membuat wisatawan dari luar Bandung rela jauh-jauh ke kota Bandung untuk mengunjungi Gua Putri. Konon barangsiapa membasuh muka atau bagian tubuh lain, atau meminum mata air di Gua Putri, akan digendong oleh jodohnya. 

7. Stone Garden

tempat wisata di bandung

Setelah membahas wisata sejarah Goa Pawon dengan ribuan tulang manusia purba, selanjutnya ada Stone Garden atau Batu Purba. Bebatuan di tempat ini sangat mirip dengan bebatuan di dasar laut. Nah, Stone Garden menjadi salah satu tempat liburan murah di Bandung yang paling recommended. Suasana seperti di film-film, kuno tapi masih asri.

Selain menyuguhkan batu purba berukuran besar dan tinggi, tempat wisata ini juga menyimpan fosil tumbuhan laut. Konon, tempat ini dulunya adalah lautan. Namun seiring berjalannya waktu lautan mengalami perubahan alam, naik menjadi pegunungan, meninggalkan beberapa fosil laut.

Untuk mengunjunginya tidak perlu ragu, lokasi Stone Garden dekat dengan Gua Pawon, tepatnya di Desa Girimulya, Masigit, Bandung. Jadi, jika Kamu berkunjung ke Gua Pawon, jangan lupa untuk mengunjungi Stone Garden yang letaknya tidak terlalu jauh. Tempat ini juga sangat cocok untuk berfoto, bahkan untuk foto prewedding.

8. Puncak Tebing Keraton

tempat wisata di bandung

Jika biasanya tempat wisata hanya berupa perbukitan, maka tempat wisata yang satu ini berupa puncak tebing. Puncak tebing yang terletak di kawasan Dago Kota Bandung ini dikenal dengan Puncak Tebing Keraton. Kemegahan alam Bandung bisa Kamu nikmati dari atas tebing. Saat kamu menginjakkan kaki di atas Tebing Keraton, kamu pasti akan dibuat takjub dengan keindahan alam Kota Bandung.

Hamparan pepohonan hijau dengan latar belakang pegunungan yang indah. Sebaiknya jika ingin berkunjung ke tempat ini, siapkan dulu jaket, sepatu, sarung tangan, dan lain sebagainya, karena udara disini cukup dingin.

Untuk harga tiketnya sendiri sangat terjangkau yaitu dengan tarif Rp. 11.000 Kamu bisa masuk dan mengikuti jalur trekking yang sudah tersedia. Jangan khawatir, jalur pejalan kaki disini lumayan lebar dan teratur, hanya saja kalau musim hujan jalannya agak licin. Demikianlah ulasan tentang tentang daftar wisata populer di bandung semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel