Top 10 Oleh - Oleh Khas Manado Buruan Traveler

Selain Makassar, jangan lupakan Manado sebagai kota terbesar kedua di Sulawesi ini untuk melengkapi liburanmu. Jika kenal Taman Nasional Bunaken, maka harus mengenal juga Manado. Kota indah yang berada di tepi pantai ini semakin diminati banyak wisatawan karena pesonanya sudah tersohor di penjuru negeri. 

Dikelilingi bukit landai, pegunungan hijau dan laut biru yang indah, banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi, mulai wisata alam, wisata religi dan sebagainya. Bukan hanya pesona alamnya yang baru-baru ini menjadi jujugan wisatawan, Manado juga dikenal akan kelezatan kuliner khasnya yang ngangenin

Jangan lupa mencoba kuliner khas Manado saat berkunjung ke kota Tinututan ini. Selain kuliner khasnya yaitu bubur bernama tinututan, kamu juga bisa membawa rasa khas Manado ke rumah. Tentu banyak oleh-oleh khas Manado yang bisa menjadi obat rindu atau untuk hadiah bagi kerabat.

Oleh - Oleh Khas Manado

1. Dodol Amurang

oleh-oleh khas manado
Dodol tak hanya di Garut guys, cobalah untuk mencoba dodol amurang yang ternyata sudah lama dikenal di Manado ini. Seperti namanya, oleh-oleh khas Manado ini berasal dari Amurang, Minahasa Selatan. Dodol yang sering disebut dodol kenari ini banyak disajikan saat acara ucapan syukur warga Minahasa. 

Tidak sulit menemukan dodol ini karena mudah ditemukan di setiap sudut toko oleh-oleh khas Manado. Makanan ini dibungkus dengan daun kelapa dan dijual dengan harga bervariasi. Soal rasa, hm..... seperti jenang jawa, karena dibuat dari gula aren, beras ketan dan minyak kelapa. Yang membedakan... bisa dicoba sendiri guys!

2. Cakalang Fufu

oleh-oleh khas manado
Bagi penyuka kuliner, oleh-oleh satu ini pasti bikin ngiler  Cakalang fufu adalah hidangan khas Minahasa dan bisa kamu jadikan oleh-oleh. Oleh-oleh khas Manado yang terbuat dari ikan cakalang yang dibumbui, diasap dan dijepit dengan bambu. Kuliner khas daerah pesisir ini memang layak dicoba, tetapi jika ingin membawa pulang, mintalah penjual untuk membungkusnya. 

Cara mengkonsumsi cakalang fufu bisa dipanaskan dan digoreng dalam minyak panas, atau dijadikan bahan untuk makanan lainnya sebagai suwiran daging. Meski ukurannya cukup besar, cakalang fufu menjadi oleh-oleh favorit wisatawan yang berkunjung ke Manado. 

3. Panada

oleh-oleh khas manado
Namanya yang aneh memang tidak mengherankan, karena makanan ini berasal dari Empenada, yaitu makanan khas Portugis berupa roti isi ikan. Bentuknya mirip pastel, hanya saja isi panada adalah ikan cakalang dibumbui panpis. Makanan peninggalan Portugis ini ternyata digemari masyarakat manado dan wisatawan. 

Makanan ini bisa dibuat sendiri di rumah, karena banyak info resep membuat panada tersedia yang bisa dicoba. Harga kue panada ini bervariasi. Semakin mahal, semakin banyak pula isiannya. 

4. Ikan Roa dan Olahannya

oleh-oleh khas manado
Selain ikan cakalang, ikan roa juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Manado. Jenis ikan terbang ini memiliki tekstur alot dan cenderung keras jika dipegang. Jika ingin mencoba kuliner bahari Manado, jangan lupa mencoba ikan roa ini guys. Biasanya ikan ini juga dimasak dalam bentuk rica-rica ikan dan sambal roa. 

Sambal roa sangat populer di Manado dan sudah dikenal banyak orang. Sambal ini terbuat dari olahan ikan roa yang sudah diasapi dan dibumbui. Sambal roa bisa tahan selama enam bulan hingga satu tahun dan sangat cocok dijadikan oleh-oleh khas Manado. 

5. Pisang Goroho

oleh-oleh khas manado
Goroho merupakan salah satu jenis pisang Gorontalo dan sangat populer di Sulawesi Utara. Pisang ini bisa diolah dengan banyak cara, mulai direbus, digoreng, dibakar maupun dijadikan kripik. Dibanding jenis pisan kebanyakan, tentu rasanya tak kalah lezat, apalagi pisang ini cocok dikonsumsi penderita diabetes. 

Pisang goroho memiliki indeks glikemik yang rendah dan aman dikonsumsi siapa saja. Pisang populer di Sulawesi Utara ini setelah digoreng tipis-tipis biasanya disajikan bersama sambal roa. Rasa khasnya tentu akan membuatmu serasa di Manado lagi. 

6. Kacang Goyang

oleh-oleh khas manado
Oleh-oleh khas Manado satu ini cocok kamu bawa pulang, karena kemasan yang praktik dan bentuknya yang menarik. Kacang yang memiliki tekstur unik dan warna beragam ini banyak diburu wisatawan, jadi jangan sampai ketinggalan ya. Sesuai namanya, kacang ini tidak akan membuatmu goyang-goyang, tetapi pembuatannya yang digoyang setelah melalui proses sangrai, membuatnya dinamai kacang goyang.

7. Pala Manis

oleh-oleh khas manado
Di Manado, buah pala menjadi kudapan ringan yang lezat dan banyak digemari tidak hanya di Indonesia, tetapi juga luar negeri. Pala manis memang sudah lama menjadi produk impor ke negara-negara tetangga. Cemilan ini berupa irisan tipis buah pala yang diolah dengan cairan gula sebagai pemanis. Tampilan dan rasanya berbeda dengan manisan pala di tempat lain. 

Kini, pala manis sudah banyak varian seperti campuran asam-manis atau pedas-asam. Dengan begitu, kamu bisa menikmatinya tanpa bosan. Harga oleh-oleh khas Manado ini sekitar Rp.40.000 dan bisa kamu temui di pusat oleh-oleh khas Manado. 

8. Halua Kenari

oleh-oleh khas manado
Halua Kenari merupakan cemilan yang mirip dengan gula-gula kacang. Meski sama-sama gurih dan manis, cemilan manado ini tentu ada aroma khas kenari yang harum, membuat siapapun yang makna bikin nagih!. Seperti namanya, makanan ini terbuat dari kacang kenari dan gula merah. Harga oleh-oleh khas Makasar ini sekitar Rp.10.000 - Rp. 60.000, tergantung packnya. 

9. Kue Lampu - lampu

oleh-oleh khas manado
Kue basah ini terbuat dari tepung terigu, tepung beras, santan dan gula merah yang dikukus. Awalnya kue ini hanyalah menu takjil di bulan puasa, tetapi cita rasa manis  yang khas membuat cemilan ini banyak digemari masyarakat sekitar maupun wisatawan. Tak hanya dijual di pusat oleh-oleh, kue ini sangat mudah dicari, karena penjualnya bertebaran di jantung kota Manado. 

10. Bentenan

oleh-oleh khas manado
Jika dari tadi membahas makanan, kali ini ada produk khas Manado yaitu bentenan. Kain khas Bentenan, Minahasa ini sangat unik, karena bahan pembuatannya didapat dari serat kulit kayu pohon sawukouw dan lahendong. Biasanya serat juga diambil dari serat nanas, pisang dan bambu. 

Pada abad 15, kain serat tersebut mulai dijadikan kain tenun bentenan. Banyak corak yang bisa dipilih jika ingin membelinya. Meski sekilas mirip batik, ada motif Manado yang membuatnya sedikit berbeda, yaitu corak coral reef, sea sheell dan garis zig-zag. Tak hanya bentenan, Manado juga memiliki batik Manado dengan corak sesuai daerahnya. Tergantung kamu mau beli yang mana guys!.

Itu adalah 10 oleh-oleh khas Manado yang bisa kamu cari sebelum meninggalkan kota Tinututan. Manado memang kaya akan kuliner khasnya. Jika kamu ingin membeli souvenir khas Manado, kamu bisa membeli bentenan, batik manado atau cindermata khas lain seperti kaus, oli (alat musik tradisional Sulawesi Utara), miniatur rumah adat, gantungan kunci, anyaman bambu, gerabah dan sebagainya. Semoga artikel oleh-oleh khas Manado bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel