Pantai Santolo, Primadona Tersembunyi di Garut Selatan

Garut memiliki bentang alam yang indah di sisinya. Selain pegunungan membentang, ada pantai yang menyajikan hamparan pasir cantiknya. Ngomong-ngomong tentang pantai, ada beberapa pantai yang cocok untuk menjadi tujuan liburan di Garut , salah satunya adalah Pantai Santolo.

Pantai Santolo cukup populer di Garut. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih lembut yang memanjang dari barat ke timur. Di pantai ini pula termpat berlabuh dan bertemunya para nelayan tradisional dan merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga kapal ikan yang ada di Pameungpeuk. 

tempat wisata di garut
Pantai Santolo terletak di Kecamatan Cikelet, 88 km sebelah selatan dari kota Garut dengan jarak tempuh sekitar 3,5 jam. Di Pantai Santolo terdapat stasiun peluncuran roket milik Lembaga penerbangan Antariksa Nasional (LAPAN). 

Rute ke Pantai Santolo

Untuk ke pantai Santolo, ada beberapa opsi rute, yaitu :
  • Rute normal lewat Garut Kota - Cikajang - Cikelet dan Pameungpeuk bisa ditempuh dengan kendaraan umum dari Terminal Cicaheul (pakai bus) atau Terminal Leuwipanjang dengan minibus sekitar 4-5 jam perjalanan akan sampai di Pameungpeuk.
  • Rute Ciwidey - Cisewu - Bungbulang - Pameungpeuk walaupun pemandangan disekitar lebih bagus, jaraknya lumayan jauh sekitar 7 jam perjalanan dan belum ada kendaraan umum .
  • Jalur terdekat dari Bandung adalah melewati Ranca bali - Naringgul - Cidaun - Rancabuaya - Santolo. Bisa juga melewati jalur alternatif melalui Pangalengan.
Jika ingin ditempuh dengan transportasi umum, bisa naik elf jurusan Garut - Pameungpeuk. Setelah turun di Pameungpeuk lanjut naik pick upke Sayang Heula. Kemudian dari pantai lanjut naik perahu hingga pantai Santolo. Namun, sebaiknya naik kendaraan pribadi agar tidak terlalu ribet.

Pesona Pantai Santolo

tempat wisata di garut

Selain sebagai tempat wisata, Pantai Santolo juga merupakan dermaga bagi nelayan yang mengadu nasip di pantai lepas. Garis pantai ini cukup panjang dengan bukit-bukit hijau di sekitarnya. Pasir putih dan ombak laut biru yang menggebu menjadi pemandangan yang indah. 

Setiap akhir pekan dan hari libur, Pantai Santolo selalu ramai wisatawan karena pantai ini sudah menjadi tujuan wisata terpopuler di Garut. Pantai Santolo merupakan dermaga kapal ikan atau perahu yang ada di Pameungpeuk. Maka jangan heran kalau disini kamu juga bisa mencoba seafood yang dijual di kios-kios sekitar pantai. 

Banyak penjual ikan laut di sekitar pantai Santolo Garut dengan komoditi laut yang paling banyak adalah tongkol , layur dan cumi. Ikan laut yang masih segar bisa dibeli di tempat pelelangan ikan pada pagi hari. Jika ingin bersantai lebih lama, tak ada salahnya untuk camping dan menikmati sajian ikan laut sambil menunggu sunset

Jika ingin liburam semakin menarik, kamu bisa menyewa perahu untuk ke Pulau Santolo yang tak jauh di bibir pantai. Ada banyak perahu sewa yang bisa dipilih untuk memulai petualangan yang penuh cerita ke pulau seberang. 


Pulau Santolo

tempat wisata di garut

Pulau Santolo bisa dikunjungi dengan menyewa perahu atau berenang. Di ujung barat pulau seluas 5 Ha ini ada bekas dermaga yang dibangun pada jaman penjajahan Belanda, yang bisa menampung 50 perahu berkapasitas angkut lebih dari 5 ton. Area yang banyak disebut dengan tembok belanda ini masih kokoh membentang hingga sekarang, dan bisa menjadi spot cantik untuk swafoto

Di Pulau Santolo juga ada muara Cilauteureun, yaitu muara yang bergerak bukan menuju ke laut namun kembali lagi ke arah muara. Peristiwa seperti ini hanya ditemukan di dua tempat yaitu di pantai Santolo Garut dan salah satu pantai di Perancis.

Pulau Santolo bukanlah pulau kosong. Selain tembok Belanda, di pulau ini sudah banyak dijumpai toko cinderamata, penjaja makanan dan warung-warung. Pulau ini juga terbilang teduh dan cukup ramai, sehingga banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan disini. Salah satunya adalah berenang di antara tembok Belanda. 

tempat wisata di garut

Memang banyak masyarakat yang berenang di antara tembok Belanda yang menyerupai kolam tiga sisi tersebut, meski arusnya deras. Jadi, jika ingin ikutan berenang, harap hati-hati guys!

Sebagai area yang memang dikembangkan sebagai tempat wisata, fasilitas di Pantai Santolo cukup lengkap. Fasilitas seperti losmen, penginapan dan kios-kios cinderamata sudah tersedia dengan harga terjangkau, sekitar Rp.75.000 - Rp.100.000. Sebagian besar penginapan menghadap ke arah pantai. Jadi kamu tidak perlu kuatir untuk menikmati view pantai dimana saja.  

Tips Wisata di Pantai Santolo :

  1. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. 
  2. Jika ingin menginap di pantai, sebaiknya booking lebih dahulu, karena penginapan area pantai biasanya ramai di hari libur. 
  3. Keindahan Pantai Santolo bisa dinikmati saat sunrise maupun sunset
  4. Jangan mengotori area pantai dengan membuang sampah sembarangan maupun vandalisme. 

Informasi Pantai Santolo :

Lokasi : Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. 
Map : Klik Disini
Buka / Tutup : 24 jam
HTM : Rp. 3.000
Fasilitas : Warung makan, penginapan, kamar mandi, toilet, area parkir. 
Aktivitas : Berenang, naik perahu, camping, kuliner seafood
Penginapan Terdekat : Penginapan Ayu Lestari, Penginapan Citra Agung, Penginapan Karanglaut Santolo, Penginapan Bayu Samudra. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel