Pantai Nihiwatu Sumba, Eksotisme Pantai Pribadi Berkelas Internasional

Pantai eksotis dengan keadaan alami, banyak tersebar di Nusa Tenggara Timur, salah satunya Pantai Nihiwatu. Pantai cantik di Sumba ini memang jarang disebutkan sebagai wisata di Indonesia, tetapi justru Pantai Nihiwatu yang merebut perhatian banyak wisatawan asing karena menjadi pantai terbaik di Asia. 

Bagaimana tidak?, Pantai Nihiwatu masuk di dalam 20 besar pantai terbaik di dunia versi CNN. Keindahannya telah melangkahi Pantai Hanalei Bay di Hawaii. Bahkan dunia telah mengakui Pantai Nihiwatu merupakan salah satu pantai terbaik yang wajib dikunjungi.

pantai di sumba
Keeksotisan Pantai Nihiwatu tampak dari garis pantai yang membentang sepanjang 2,5 kilometer. Pantai di Sumba ini memiliki pesona yang membuat siapapun berdecak kagum karena kecantikannya. Pasir putih bersih melingkari air laut jernih yang disapu ombak. Suasana sunset'pun terlihat sangat indah dan banyak memikat perhatian banyak wisatawan. 

Pantai Nihiwatu berada di Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Berada 30 kilometer dari kota Waikabubak. Sebagai pantai terbaik di Asia, membutuhkan waktu cukup lama untuk sampai ke pantai ini, tetapi setelah disana, panorama alam yang membentang akan sanggup membayar itu semua. 

Cara ke Pantai Nihiwatu

Jika berlibur ke Sumba, jangan lupakan Pantai Nihiwatu untuk liburan yang sempurna. Ada beberapa cara ke Pantai Nihiwatu yang bisa kamu lakukan, yaitu :
  1. Jalur Udara : Dari Bandara Ngurah Rai menuju Bandara Tambolaka (Wings Air, Garuda Indonesia, Aviastar, Trans Nusa), kemudian dilanjutkan sewa mobil dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam sampai lokasi. Jika berangkat dari Bhandara El Tari Kupang, bisa langsung menuju ke Tambaloka atau Bandara Umbu Mehang Kunda di Sumba Timur. 
  2. Jalur Laut : Dari Pelabuhan Padang Bay Bali menyeberang ke Pelabuhan Lembar Lombok Barat. Kemudian perjalanan darat ke Pelabuhan Kayangan Lombok Timur untuk menuju Pelabutan Poto Tano Sumbawa. Dilanjutkan jalur darat ke Pelabuhan Sape di Bima, lalu menyeberang ke Pelabuhan Waikelo di Sumba Barat Daya dengan estimasi waktu sekitar 6-8 jam.
Pantai Nihiwatu lumayan jauh dan berada di pelosok. Transportasi umum hanya ada di pusat kota. Jadi jika sudah di Sumba dan ingin kesana, bisa menyewa kendaraan agar lebih mudah. 

Pantai Nihiwatu Sumba

pantai di sumba

Pantai Nihiwatu cocok untuk menyepi dan menikmati suasana pantai yang alami, karena pantai ini jauh dari keramaian maupun tempat industri. Pantai ini memiliki pasir putih yang bersih berhias batuan karang di pinggirnya, sedangkan perbukitan hijau mengelilingi area pantai yang cantik dan sepi layaknya pantai pribadi. 

Pantai di Sumba ini juga menjadi tujuan bagi para peselancar untuk mencoba keganasan ombaknya. Para peselancar'pun menjuluki ombak Pantai Nihiwatu dengan sebutan God's Left. Untuk mencoba sensasi ombak Pantai Nihiwatu, pihak pengelola telah mengutamakan keamanan dan keselamatan para peselancar, sehingga bagi yang ingin berselancar hanya dibatasi 10 orang saja.

pantai di sumba

Selain berselancar atau sekedar bersantai, kamu juga bisa ikut dalam kegiatan melepas anak penyu di pantai. Pihak pengelola memang memasukkan konservasi penyu sebagai salah satu tujuan wisata Pantai Nihiwatu. Jika masih kurang, kamu bisa menyewa kuda untuk berkeliling di padang savana yang berwarna kuning kecoklatan di musim panas. 

Jauh-jauh kesana, jangan hanya berpetualang di daratan saja guys!, karena kamu bisa menikmati keindahan bawah laut Nihiwatu yang tak kalah menakjubkan. Selain itu, untuk menutup harimu, kamu bisa bersantai sambil menikmati sunset. Jika mau, kamu bisa berkuda di sepanjang pantai untuk menikmati nuansa matahari tenggelam yang anti mainstream

Berstandart Internasional

pantai di sumba

Pantai Nihiwatu memang dikelola oleh orang berkebangsaan asing, dibawah manajemen Resort Nihiwatu. Hal ini menjadikan Pantai Nihiwatu memiliki fasilitas ekslusif berstandar internasional. Tarif yang relatif mahal, tidak sembarangan orang bisa menikmati salah satu pantai cantik berkelas Internasional ini. Itulah kenapa wisatawan di Pantai Nihiwatu didominasi wisatawan mancanegara.

Resort Nihiwatu ini mengusung konsep ramah lingkungan dan memiliki program pengabdian masyarakat, dimana keuntungan resort ini disumbangkan ke Sumba Foundation untuk menyembuhkan masyarakat dari penyakit malaria, membeli peralatan sekolah dan lainnya. Bahkan 90% pegawai resort ini adalah penduduk lokal. 

pantai di sumba

Untuk mengunjungi Pantai Nihiwatu Sumba, kamu harus menjadi tamu dan menyewa kamar di Resort Nihiwatu. Resort ini terdiri dari villa-villa, restoran, dan kolam pribadi yang menghadap ke laut. Disana ada bungalow yang dibangun di atas bukit menghadap ke Samudra Hindia. Resort ini menawarkan keindahan laut dengan ornamen modern - tradisional budaya Pulau Sumba. 

Dari 33 villa yang ditawarkan, harga termurah sekitar USD 895 (Rp.13.3 juta) dan termahal sekitar USD 17.445 (260 juta). Fasilitas resort berstandart nasional ini akan benar-benar memanjakanmu selama berada di Nihiwatu. Disana kamu juga bisa mencoba olah raga air seperti jet sky, scuba diving, paddle board atau mencoba paket liburan Sumba lain yang ditawarkan disana. Mau mencoba?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel