7 Hal Menarik di Nusa Lembongan Favorit Wisatawan

Pulau Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang sangat populer dan selalu menjadi tujuan wisata kalangan turis mancanegara. Tak hanya pulau utamanya, ada beberapa pulau kecil di tenggara Pulau Dewata ini yang indah dan mengundang rasa ingin tahu siapapun yang datang. 

Meski terpisah dari pulau utama, beberapa pulau kecil di Bali sangat menarik untuk dikunjungi, meski beberapa orang kadang berfikir, apakah berpenghuni? dan bisa dikunjungi?. Nah, pulau di bagian tengara Bali, seperti Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan adalah destinasi wisata yang populer karena menawarkan keindahan alam dan bawah laut yang luar biasa.

wisata di bali
Nusa Lembongan adalah pulau di tenggara Bali yang paling dekat dengan daratan, berjajar dengan Nusa Ceningan dan Nusa Penida. Kebanyakan wisatawan datang ke Nusa Lembongan untuk diving, surfingsnorkeling, serta menikmati suasana alam yang indah. 

Cara ke Nusa Lembongan

Nusa Lembongan berada di wilayah kabupaten Klungkung, Bali, Indonesia. Tidak sulit untuk menyeberang kesana, karena setiap harinya pulau cantik di Bali ini tidak pernah sepi wisatawan. Untuk ke Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida, kamu bisa langsung ke Pantai Sanur. 

Di Pantai Sanur setiap hari ramai oleh wisatawan yang akan menyeberang ke Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Di Nusa Lembongan ini ada jembatan penghubung ke Nusa Ceningan, jadi kamu bisa sekalian kesana. Speadboat di pesisir Pantai Sanur akan siap sedia mengantar siapapun untuk menyeberangi selat badung menuju ke Nusa Lembongan dengan waktu tempuh sekitar 30-45 menit.

Jika tidak ingin ribet atau bingung di tengah jalan, kamu bisa memilih dan mengecek kapal sesuai fasilitas yang disediakan, seperti layanan antar jemput di sekitar Sanur, Kuta, Seminyak maupun Bhandara Ngurah Rai. 

Pesona Nusa Lembongan

Nusa Lembongan masih menyimpan panorama alam yang masih asri. Maka tak heran banyak wisatawan datang ke pulau kecil ini untuk bersantai, menyepi dari hiruk pikuk kota, menikmati pemandangan alam dan mengintip taman bawah laut cantiknya. 

Wisata ke Nusa Lembongan tidak akan membosankan jika kamu tahu cara bersenang-senang. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa kamu nikmati di Nusa Lembongan Bali :

1. Bersantai dan menikmati indahnya matahari terbenam.

wisata di bali

Banyak tempat wisata pantai di Nusa Lembongan yang bisa dikunjungi. Dream Beach adalah salah satu tempat wisata di Nusa Lembongan yang sangat cocok untuk para peselancar. Untuk kesana, kamu harus melewati tebing yang menutupi pantai ini. Sampai di atas tebing, kamu akan merasakan sensasi ombak luar biasa yang membuat para peselancar tidak sabar untuk mencoba papan selancarnya.

Ada juga Mushroom Beach yang bisa kamu kunjungi selanjutnya. Pantai ini menyediakan kegiatan malam yang menarik dan menyenangkan. Banyak terdapat cafe-cafe di pinggiran pantai yang membuat suasana santai ala pesta semakin terasa. Menikmati suasana senja dengan secangkir minuman di tepi pantai, diiringi musik, pasti akan membuat moodmu bergelora.

Selain itu masih banyak pantai di Nusa lembongan yang bisa dikunjungi. Pantai di pulau ini memang kurang ramai dari pantai-pantai selatan di Bali. Bagi kamu yang tidak suka keramaian, Nusa Lembongan adalah tempat yang tepat dijadikan pilihan.

2. Melihat fenomena devil's tears.

wisata di bali

Dengan nama yang menyeramkan, selain menjadi tempat yang sempurna untuk melihat sunset, tempat ini memiliki fenomena alam yang unik. Devil's Tear bukan lah pantai namun sebuah tempat dimana kamu bisa melihat fenomena gelombang besar menghantam tebing yang menjorok ke laut, lalu kamu akan melihat dinding tebing menangis. 

Aneh bukan?. Tentu tidak. Kamu tidak akan mendengar suara orang menangis tapi kamu bisa melihat air mengalir melalui lubang-lubang karang di tebing tepat setelah hempasan ombak. Fenomena yang bisa langsung kamu lihat dengan jelas ini cukup menakjubkan untuk diabadikan dalam kamera guys!

3. Menyusuri keindahan alami hutan mangrove.

wisata di bali

Sebuah wilayah yang besar di Nusa Penida adalah hutan mangrove. Banyak pilihan yang bisa dipilih untuk kesana. Kamu bisa memulai tour dari Jungut Batu atau pergi sendiri dengan mengendarai motor. Jika ingin merasakan sensasi berpetualang, kamu bisa menyewa perahu yang akan membawamu keliling hutan mangrove. 

Disana kamu tidak hanya akan melihat vegetasi di rawa-rawa, tapi banyak bagian dimana kamu dilindungi dari matahari oleh atap-atap hijau yang terbuat dari daun. Selama naik perahu, kamu akan melihat beberapa spesies burung bertengger dan pertanian rumput laut.

4. Menikmati pemandangan alam dari ketinggian.

Kamu mungkin tidak tertarik dengan aktivitas fisik yang menantang di Nusa Lembongan, tapi berada di Pura Puncak Sari akan menjadi cerita baru dalam petualanganmu. Pura Puncak Sari adalah pura terbesar di Nusa Lembongan. Berada di atas bukit, kamu akan disuguhi panorama bentangan Samudra Hindia, Nusa Ceningan dan Nusa Penida dan spektakuler.

5. Kembali ke jaman pubakala di Goa Gala-Gala.

wisata di bali

Goa Gala-Gala merupakan rumah di bawah tanah yang dibangun menggunakan linggis tahun 1961 - 1976 oleh seorang jero Mangku Dalang bernama Mangku Byasa. Kamu akan menyusuri lorong-lorong dengan sejumlah ruangan seperti tempat meditasi, ruang tidur, ruang tamu, dapur dan sumur. 

Ruangan ini mempunyai tinggi sekitar 1-2 meter dan sudah dilengkapi dengan penerangan. Untuk masuk ke dalamnya, kamu harus menuruni anak tangga sekitar 2 meter dan mulailah menjelajah ke jaman purbakala.

6. Snorkeling melihat Buddha di bawah air.

wisata di bali

Banyak tempat menyelam di Nusa Lembongan yang menyajikan pesona bawah laut yang luar biasa. Salah satu spot yang unik adalah ceningan chanel, yaitu spot antara Lembongan dan Ceningan. Siapapun akan terpesona dengan adanya patung Buddha di dalam laut tinggi sekitar 2,5 meter di tengah kubah, beserta patung-patung Buddha kecil di sekitarnya. 

Patung Buddha ini memiliki kesamaan dengan yang ada di Candi Borobudur, Jawa Tengah. Namun, sebenarnya ini bukan situs warisan ataupun penemuan artefak tua seperti yang kamu bayangkan. Patung Buddha ini adalah karya seni yang dilakukan oleh seniman Bali dan memang sengaja ditempatkan di laut bertahun-tahun yang lalu.

7. Berjalan kaki ke pulau tetangga, Nusa Ceningan. 

wisata di bali

Teknologi modern memungkinkan bagi siapapun untuk melakukan perjalanan ke pulau lain dengan jembatan yang bisa dilalui mobil maupun transportasi lain. Nah, di Nusa Lembongan, kamu bisa berjalan kaki atau bersepeda menyeberangi jembatan ke Nusa Ceningan. 

Jembatan Kuning sebagai penghubung antar dua pulau itu berada di tenggara Nusa Penida. Meski bukan cara satu-satunya untuk ke Nusa Ceningan, hal itu adalah cara paling ekonomis dan cepat ke Nusa Ceningan. Sesekali olah raga kan lumayan asyik guys!

Itu adalah beberapa aktivitas yang bisa kemu lakukan di Nusa Lembongan guys. Bali memang menawarkan banyak hal menyenangkan untuk dinikmati, dan Nusa Lembongan tidak boleh dilewatkan begitu saja. Semoga artikel bermanfaat dan selamat berlibur!.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel